Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/05/2013, 13:46 WIB

KOMPAS.com - Upaya untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan serat bisa lebih mudah dengan mengonsumsi buah kiwi. Buah khas Selandia Baru ini termasuk buah super karena kandungan nutrisinya lebih tinggi dibandingkan dengan buah lain dalam jumlah yang sama.

Para peneliti asal Selandia Baru kini menemukan kiwi varietas baru, yaitu kiwi SunGold. Kiwi ini diklaim lebih padat gizi daripada dua varietas sebelumnya yaitu kiwi green dan kiwi gold.

Dokter spesialis gizi klinis FKUI/RSCM dr. Fiastuti Witjaksono memaparkan, kiwi umum mengandung vitamin C yang lebih tinggi dari jeruk dan pepaya. Buah ini juga  memiliki vitamin E yang lebih tinggi dari mangga dan pepaya. Bukan hanya itu, kiwi juga kaya serat larut dan tidak larut, keduanya penting untuk pencernaan.

"Kiwi juga mengandung antioksidan yang penting untuk menghambat penuaan. Buah ini juga mengandung enzim actinidin yang dapat mempercepat pencernaan protein," katanya.

Manfaat yang berlimpah dari buah kiwi tersebut kini semakin padat dalam varian kiwi SunGold. Kiwi sungold merupakan varietas terbaru yang ditemukan dari hasil penelitian bertahun-tahun. Kiwi ini memiliki kepadatan gizi yang lebih baik dibandingkan varietas kiwi lain.

Kepadatan gizi merupakan jumlah kandungan gizi yang diukur dari suatu makanan dalam jumlah tertentu, dibandingkan dengan makanan lain dalam jumlah yang sama. Semakin padat kandungan gizi yang ada dalam suatu jenis makanan, maka akan semakin baik kualitas dari makanan itu.

Menurut data dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) tahun 2011, kepadatan gizi dari kiwi SunGold mencapai 24,4 per 100 kkal. Bandingkan dengan kiwi gold 22,4 dan kiwi green 20,0. Sedangkan buah lain seperti apel nilainya 3,5; pisang 5,6; anggur 3,6; jeruk 17,2; pepaya 22,6; mangga 8,4; dan durian 5,6.

Data USDA juga menyebutkan, kandungan vitamin C dan E pada kiwi SunGold juga lebih tinggi dari varietas kiwi dan buah lainnya. Untuk vitamin C, kiwi SunGold mengandung 142,0 mg/100 gram. Bandingkan dengan kiwi gold 108,5; kiwi green 85,1; apel 4,6; pisang 8,7; anggur 4,0; jeruk 53,2; pepaya 61,8; mangga 27,7; dan durian 19,7.

Sedangkan untuk vitamin E kiwi SunGold mengandung 1,7 mg/100 gram. Kiwi gold 1,32; kiwi green 0,86; apel 0,18; pisang 0,10; anggur 0,19; jeruk 0,18; pepaya 0,73; dan mangga 1,12.

Yuyuh Sukmana, Market Development Manager Zespri Indonesia mengatakan, kiwi SunGold akan hadir di Indonesia mulai akhir mei atau awal Juni. Distribusinya pun akan semakin merata. Bukan hanya di Jakarta dan sekitarnya, namun juga di daerah-daerah lainnya seperti Surabaya, Medan, Makassar, Bali, dan Balik Papan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com