Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/05/2013, 14:35 WIB


TANYA :

Dok..saya seorang pria  berusia 35 thn. Mengapa kumis di wajah saya tidak mau lebat? Apakah dengan terapi suntikan hormon testosteron bisa membantu melebatkan kumis,jenggot dan jambang di wajah??..Terima kasih atas jawabannya..

(Surya, 35, Denpasar)


JAWAB :


Memang tidak semua pria mempunyai kumis lebat, bahkan tidak semua pria mempunyai kumis. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi lebat tidaknya kumis seseorang, antara lain faktor genetik, ras, dan hormon.

Tetapi walaupun ada pengaruh hormon testosteron di sini, bukan berarti Anda harus mendapat pengobatan hormon testosteron agar kumis menjadi lebat. Pengobatan hormon testosteron yang diberikan dalam keadaan kadarnya normal di dalam tubuh, justru dapat mengakibatkan efek samping.

Selain itu, boleh jadi rambut yang tumbuh tidak di kumis, melainkan di bagian tubuh lainnya.  Jadi jangan sampai mengalami akibat buruk gara-gara ingin punya kumis tebal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com