Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/05/2013, 09:33 WIB

TANYA :

Dokter, saya selalu tidur mendengkur. Kata suami, pada saat tertidur posisi saya terlentang dengan leher agak tertekuk ke bawah. Lalu pada saat bangun seperti ada lendir, padahal saya tidak sedang batuk atau pilek. Terapi apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi hal ini? Karena hal ini sangat mengganggu sekali, terima kasih atas jawabannya.

(Herlina Ika Rini, 31, Sidoarjo)

JAWAB :

Seringkali pada waktu tidur terlentang posisi lidah terjatuh kebelakang sehingga menutup saluran nafas atas. Akibatnya, terjadi getaran dari jaringan lunak sekitar saluran nafas tersebut, karena tubuh kita berusaha tetap mendapat O2 dan mengeluarkan CO2 secara optimal. 

Cara awal untuk mengatasinya adalah dengan tidur posisi miring kiri atau kanan supaya lidah tidak menutup saluran nafas atas secara total, selanjutnya sebaiknya Ibu berkonsultasi dengan dokter-dokter di Sleep Clinic.

Dijawab oleh : dr. Lanny S. Tanudjaja

Informasi lebih lanjut hubungi : 021 – 27625500 ext. 1000 Sleep Clinic - Rs. Premier Bintaro

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com