Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/05/2013, 14:08 WIB

Kompas.com - Menggoyang-goyangkan pinggang dengan alat berbentuk lingkaran, alias hula hoop, belakangan semakin populer. Orang-orang terkenal seperti Michelle Obama dan Kelly Osbourne mengaku gandrung dengan hula hoop.

Jika Anda mulai menyukai kegiatan bermain hula hoop, ada kabar gembira. Kegiatan ini ternyata sama efektifnya dengan aktivitas kardio lainnya untuk memangkas kalori.

Kelly Osborne mengatakan rutin bermain hula hoop telah membantunya mengurangi lingkar pinggang sampai dua inchi. Tetapi selain hula hoop, ia juga melakukan yoga, pilates, serta angkat beban.

Bermain hula hoop diketahui membakar kalori sampai 7 kalori per menit. Meski angka tersebut tampak kecil, namun jumlah tersebut setara dengan melakukan jalan cepat. Bermain hula hoop juga diketahui lebih cepat memangkas kalori dibanding yoga atau pilates.

Menurut John Porcari pakar kedokteran olahraga dari University Wisconcin-La Crosse, bermain hula hoop akan menguatkan batang tubuh (core), menggerakkan seluruh bagian tubuh, serta menguatkan otot-otot.

"Mengayunkan hula hoop secara rutin bisa jadi latihan aerobik yang efektif," kata Porcari.

Namun, dapatkah olahraga hula hoop ini menyehatkan jantung? Ternyata bisa saja namun dengan hula hoop yang lebih berat.

"Hula hoop yang lebih berat sebenarnya lebih mudah saat diayunkan karena menghasilkan momentum," kata Mary Pulak, pemilik kelas fitnes Hooked on Hooping.

Ia mengatakan hula hoop yang besar lebih mudah dipakai karena memberi kita kesempatan untuk merespon perpindahan dari depan ke belakang.

"Ukuran yang tepat untuk diameter hula hoop adalah antara tinggi pinggang dan tulang dada bawah," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com