Selasa, 21 Oktober 2014 12:19
Caring by Sharing | Kompas.com

Mengenal Khasiat Air Perasan Lemon

Penulis : Rosmha Widiyani | Minggu, 12 Mei 2013 | 19:27 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

KOMPAS.com - Daripada hanya sekedar jadi hiasan, akan lebih baik bila irisan lemon di pinggiran gelas diperas ke dalam minuman yang dihidangkan. Beberapa jenis penyakit dapat diobati dengan mengandalkan kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam air perasan lemon.  Lemon juga memiliki efek antiseptik untuk membersihkan organ tubuh dari berbagai mikroba dan radikal bebas.

Tetapi perlu diingat, air lemon yang telah melewati proses pengemasan atau pasteurisasi tidak akan banyak membantu. Bila Anda ingin mendapat khasiat maksimal, pastikan air lemon adalah hasil perasan dari buah lemon yang segar.  Hindari air lemon kemasan atau minuman yang sekedar bercita rasa lemon, karena Anda tak akan mendapatkan manfaatnya. 

Bersihkan tubuh

Jethro Kloss dalam bukunya "Back to Eden" menjelaskan secara detail manfaat perasan lemon. Dia menyatakan, air lemon dapat mencegah sepsis atau penumpukan bakteri dalam tubuh. Air lemon juga berefek anti scourbutic yaitu kemampuan tubuh mencegah penyakit dan membersihkan kotoran dalam tubuh.

Dalam buku "You Are What You Eat," Dr. Gillian McKeith juga menjelaskan, segelas air hangat dengan perasan lemon di pagi hari setelah bangun tidur membersihkan berbagai lendir tidak berguna dalam tubuh sehari sebelumnya. Sebaiknya, lakukan juga malam hari sebelum tidur.

Bantu kerja sistem pencernaan

Air lemon dapat meredakan berbagai gangguan akibat pencernaan semisal mulas, kembung, dan kram perut. Minum air lemon secara teratur akan membersihkan usus, dan mencegah terjadinya sembelit dan diare. Satu sendok teh air lemon dalam setengah gelas air membantu meredakan rasa mulas.

Air yang digunakan sebaiknya tidak terlalu panas atau dingin. Menurut Ann Heustad dalam artikel, The Amazing Health Benefits of Drinking Lemon Water, perasan 3 sampai 4 lemon bisa menghilangkan rasa sakit dan mengurangi aliran darah berlebihan ketika menstruasi.  

Merangsang kerja hati

Menurut Kloss, air lemon membantu melarutkan asam urat dan racun lainnya dalam hati. Air lemon juga membantu meluruhkan batu empedu dan meringankan demam karena malaria. Tingginya kandungan kalium membantu penyembuhan biliousness, yaitu gejala gangguan hati yang menyebabkan sembelit, pusing, muntah, dan hilang nafsu makan.

Kloss juga mengatakan, orang dengan gangguan hati harus minum air hangat perasan lemon satu jam sebelum sarapan tiap pagi.
Manfaat air perasan lemon ini bisa dirasakan, bila lemon berada dalam kondisi segar. Lemon yang sudah diawetkan tidak akan memberi efek yang sama. 


Sumber :
Editor :
Asep Candra

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui