Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/05/2013, 13:53 WIB

TANYA :

Dok, sejak akhir 2011, saat bekerja di kantor saya lebih banyak duduk dan di depan komputer. Saya juga jarang melakukan  olahraga. Mulai pertengahan 2012, saya merasakan keluhan sakit pinggang. Saya  lalu  mencoba minum air putih sebanyak-banyaknya dan membiasakan berolahraga dua kali dalam seminggu. Dengan kebiasaan itu, keluhan sakit pinggang  pun mulai hilang . Tetapi, akhir-akhir ini, sakit di bagian pinggang saya  kumat lagi. Bahkan kalau batuk pun, sangat juga mengalami  nyeri pinggang. Yang ingin  saya tanyakan, penyakit  yang sebenarnya saya alami dan bagaimana solusinya? Terima kasih.

(Anggara, 27, Yogyakarta)


JAWAB :


Saudara Anggara di Yogyakarta

Nyeri pinggang banyak faktor penyebabnya. Bagaimana Anda duduk, berjalan, naik kendaraam bermotor, berdiri, bahkan kebiasaan tidur, tempat tidur yang Anda gunakan dapat menjadi faktor pencetusnya.

Gangguan pada tulang belakang, otot, ligamen, tendon dan sayraf, hernia diskus, arthritis, keganasan, infeksi di sekitar tulang belakang Anda, penyakit di rongga panggul, perut, dan kelainan bawaam pada tulang belakang dapat menjadi penyebab nyeri pinggang.

Melihat keluhan nyeri pinggang yang Anda alami, nyeri timbul setelah anda banyak duduk di depan komputer dan membaik setelah Anda olahraga. Dengan umur Anda yang masih muda, berat badan juga masih normal, kemungkinan juga tidak pernah mengalami trauma pada tulang belakang sebelumnya, maka perkiraan saya nyeri pinggang yang Anda alami kemungkinan hanya disebabkan oleh kebiasaan duduk lama ini.

Bisa karena cara Anda duduk tidak tepat, tidak sehat, yang menyebakan cedera pada otot-otot,ligamen, tendon, atau bahkan kompressi pada tulang belakang. Walaupun demikian, bila keluhan itu tetap berlanjut, sebaiknya anda konsultasi ke internist, atau ahli saraf setempat.

Untuk, mencegah,  menjaga agar keluhan itu tidak kambuh lagi dan menjaga agar pinggang anda tetap sehat, kiat berikut ini mudah-mudahan dapat membantu:

1. Biasakanlah duduk, berdiri, berjalan, bahkan tidur dengan postur yang baik
2. Setiap satu jam Anda duduk, usahakan untuk berdiri, bergerak. Lakukan peregangan, relaksasi, 5 menit cukup.
3. Pastikan kursi yang Anda gunakan, kursi yang tetap, dapat menupang pinggang Anda dengan sempurna.
4. Lakukanlah olahraga, bisa jalan, berenang, sepeda paling tidak 30-40 menit setiap hari, 5 kali dalam seminggu.
5. Tidur juga dengan posisi yang benar, tempat tidur yang baik
6.  Jangan menganngkat sesuatu yang terlalu berat, apalagi dalam posisi membungkuk
7. Pertahankan berat badan Anda dalam batas normal.

Demikian, semoga dapat membantu

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com