Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Diabetes, Wanita Perlu Cek Darah di Awal Kehamilan

Kompas.com - 13/05/2013, 16:28 WIB

KOMPAS.com Risiko seorang wanita mengidap diabetes akan meningkat selama masa kehamilan. Diabetes semasa kehamilan ini dikenal dengan istilah diabetes mellitus gestasional (DMG). Hal ini pula yang mendasari para dokter menyarankan kepada setiap wanita untuk  memeriksakan darahnya di awal masa kehamilan.

Spesialis penyakit dalam dari Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, dr Dyah Purnamasari, Sp PD, mengatakan, pemeriksaan darah sebaiknya dilakukan oleh semua wanita, terlepas dari risiko tinggi maupun rendah yang mereka miliki.

"DMG bisa dialami oleh setiap wanita, sekalipun tidak memiliki risiko sebelum hamil," ujarnya dalam seminar media bertajuk "Diabetes pada Wanita" di Jakarta, Senin (13/5/2013).

Peningkatan risiko DMG, papar Dyah, dikarenakan perubahan hormonal yang terjadi dalam tubuh wanita hamil. Hormon-hormon seperti progesteron, human placenta lactogen, kortisol, dan prolaktin meningkat saat kehamilan. Padahal hormon-hormon tersebut memiliki efek melawan kerja insulin untuk mengubah gula darah menjadi gula otot. Maka, saat hamil, gula darah ibu cenderung lebih tinggi.

Dyah menuturkan, saat tidak hamil, wanita makan hanya untuk diri mereka. Jika kebutuhan energi sudah tercukupi, maka gula darah akan diubah menjadi gula otot. Berbeda dengan saat hamil, janin juga membutuhkan nutrisi, maka gula darah tidak langsung diubah menjadi gula otot, tetapi tetap menjadi gula darah sehingga mudah disalurkan ke janin.

Pemeriksaan darah di awal kehamilan bertujuan untuk mengetahui seberapa besar risiko wanita mengalami DMG. Jika hasilnya positif, maka diperlukan upaya-upaya tertentu untuk mengontrol kadar gula darah mereka.

"Upaya penanganan diabetes pada ibu hamil berbeda dari penanganan pada umumnya yang menggunakan obat. Obat antidiabetes dapat mempengaruhi kesehatan janin," kata Dyah.

Langkah awal untuk menangani DMG, lanjutnya, yaitu dengan mengubah pola makan dan memperbanyak olahraga. Namun jika perbaikan belum terlihat, maka sebaiknya menjalani terapi insulin.

Terapi insulin tidak akan memberikan efek negatif bagi janin selama insulin yang digunakan adalah insulin manusia. Insulin manusia memiliki struktur asam amino yang sama dengan yang diproduksi tubuh meskipun dibuat dengan teknik rekayasa genetika.

Sementara itu, jika hasil pemeriksaan negatif, maka bukan berarti ibu terbebas dari risiko DMG. Dyah mengatakan, pemeriksaan darah sebaiknya diulangi menjelang trimester ketiga kehamilan, kira-kira saat usia kehamilan 22 hingga 25 minggu.

"Saat itu hormon-hormon kehamilan paling meningkat sehingga risiko DMG semakin meningkat pula," ungkap Dyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com