Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/05/2013, 15:09 WIB

KOMPAS.com - Setiap kali makan atau minum, tubuh kita melakukan proses mengubahan kalori menjadi energi. Laju metabolime dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain ukuran tubuh, kelamin, dan usia. Namun sebenarnya laju metabolisme dapat dipercepat dengan cara-cara tertentu.

Semakin cepat laju metabolisme yang kita miliki, semakin banyak kalori yang dapat kita bakar. Ikutilah cara meningkatkan laju metabolisme berikut.

1. Tidur
Para peneliti telah menemukan hubungan antara metabolisme dan tidur. Kurang tidur dapat mengakibatkan penurunan laju metabolisme yang serius.

2. Minum teh hijau
Teh hijau masuk dalam daftar makanan super yang bermanfaat bagi kesehatan. Adalah kandungan antioksidan dalam teh hijau yang bukan hanya dapat menangkal radikal bebas, tapi juga mempercepat metabolisme. Teh hijau juga bebas kalori sehingga tidak menambah jumlah asupan kalori Anda.

3. Olahraga intensitas tinggi
Latihan interval merupakan cara cepat namun intensif untuk meningkatkan metabolisme. Jenis latihan ini juga tetap membakar kalori lebih lama setelah berolahraga.

4. Tidak melewatkan sarapan
Bukannya memangkas asupan kalori, melewatkan sarapan justru akan membuat metabolisme melambat sehingga kalori yang dimakan tidak dapat terbakar dengan optimal. Banyak studi yang menunjukkan sarapan berhubungan dengan kecepatan metabolisme tubuh.

5. Gunakan beban
Bukan hanya membentuk otot, angkat beban dapat membantu meningkatkan laju metabolisme.

6. Banyak minum air
Minum cukup air merupakan cara sederhana untuk mempercepat proses mencerna dan membakar kalori. Maka pastikan tubuh terhidrasi dengan baik.

7. Makan makanan pedas
Makanan pedas sudah dikenal dapat membantu melangsingkan tubuh.

8. Bersepeda
Sebuah penelitian menunjukkan bersepeda selama 45 menit dapat mempercepat laju metabolisme selama lebih dari 12 jam!

9. Makan dengan bijak
Makanan tertentu dapat mempercepat laju metabolisme, seperti tuna dan anggur, atau makanan yang kaya protein seperti telur.

10. Minum kopi
Kopi mengandung kafein yang dapat terserap dalam aliran darah dengan sangat cepat. Kafein dapat mempercepat denyut jantung sehingga meningkatkan laju metabolisme. Selama tidak menambahnya dengan gula atau susu, kopi tidak akan menambah asupan kalori.

11. Tertawalah
Inilah cara menyenangkan mempercepat laju metabolisme. Para ilmuan menemukan tertawa sedikitnya 10 menit per hari dapat membakar kalori.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com