Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/05/2013, 22:15 WIB

KOMPAS.com - Sebuah penelitian baru menemukan bahwa pensiun memiliki dampak yang merugikan bagi kesehatan mental dan fisik.

Penelitian yang diterbitkan oleh Institute of Economic Affairs (IEA), sebuah lembaga penelitian yang berpusat di London, Inggris, ini menemukan bahwa pensiun dapat menyebabkan "penurunan kesehatan secara drastis" pada jangka menengah dan panjang.

Penelitian tersebut menyarankan bahwa orang seharusnya bekerja lebih lama karena ini baik untuk kesehatan maupun ekonomi.

Pemerintah Inggris telah berencana untuk menaikkan usia pensiun resmi.  Selain itu, pemerintah juga mengubah kebijakan yang terkait dengan pensiun.

Penelitian yang juga dipublikasikan bekerja sama dengan lembaga amal setempat yaitu Age Endeavour Fellowship, membandingkan orang-orang yang pensiun dengan orang yang terus bekerja setelah melewati usia pensiun mereka. Selain itu juga memperhitungkan faktor lain yang mungkin.

Philip Booth, program direktur di IEA, mengatakan bahwa pemerintah seharusnya merubah peraturan tentang pasar tenaga kerja dan mengijinkan orang-orang untuk bekerja lebih lama.

Tidak ada usia 'normal' untuk pensiun

"Bekerja lebih lama tidak hanya bagus untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, tapi juga membuat orang hidup lebih sehat," kata dia.

Edward Datnow, ketua Age Endeavour Fellowship, mengatakan: "Seharusnya tidak akan ada lagi usia pensiun 'normal' di masa yang akan datang.

"Perusahaan perlu mempertimbangkan bagaimana cara mereka untuk memanfaatkan potensi yang belum tergali dari para orang tua di Inggris. Sementara mereka berencana untuk pensiun seharusnya berpikir lebih jauh lagi mengenai apakah itu pilihan terbaik mereka."

Studi ini menunjukkan bahwa ada sedikit peningkatan kesehatan tidak lama setelah orang memutuskan untuk pensiun. Namun dalam jangka panjang akan ada penurunan yang signifikan.

Masa pensiun dinilai meningkatkan risiko depresi klinis sebesar 40% dan 60% kemungkinan untuk menderita secara fisik.

Dampak ini sama bagi perempuan maupun laki-laki, sementara risiko untuk menjadi sakit akan meningkat seiring dengan panjangnya waktu selama masa pensiun itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com