Selasa, 4 Agustus 2015

Health

KONSULTASI KEHAMILAN & KANDUNGAN Dr. Achmad Mediana, SpOG
Rumah Sakit Ibu Anak Kemang Medical Care
Ketua Yayasan Rumah Hati dan Pendiri Jakarta Breastfeeding Center (JBFC)

Gadis 20 Tahun tapi Belum Pernah Haid

Senin, 20 Mei 2013 | 16:02 WIB

TANYA:

Saya sudah berusia 20 tahun, tapi sampai saat ini belum pernah menstruasi. Sebenarnya apa penyebabnya? Saya juga pernah periksa. Kata dokter, ukuran rahim saya di bawah normal (kecil). Apa ukuran rahim bisa mempengaruhi kelancaran menstruasi? dan faktor apa saja yang mempengaruhi ukuran rahim sehingga ukurannya bisa di bawah normal? dan apakah iya atau tidaknya menstruasi bisa mempengaruhi seseorang bisa hamil atau tidak? Terima kasih sebelumnya, maaf kalau terlalu banyak pertanyaan, dan mohon jawabannya.
 
Khusnul Latifah, Magelang

JAWAB:

Ibu Khusnul Yth,
Haid memang menjadi salah satu indikator dari kesuburan. Bila tidak haid pada umur 20 tahun, kita memang harus hati-hati. Untuk itu ada baiknya diperiksa lebih lanjut. Bila mungkin, periksa sampai kromosom.

Kalau masih nona, bisa lakukan USG dari perut untuk mengukur rahim dan organ sekitarnya. Tapi kalau sudah nyonya sebaiknya USG transvaginal untuk pengukuran yang lebih akurat, sekaligus untuk periksa keadaan vaginal.

Jika diagnosisnya hipotrofi (organnya kecil) atau bahkan atrofi (organnya tidak ada), maka hampir tidak mungkin hamil. Jadi, ibu harus sabar, ya.

 

Editor : Lusia Kus Anna

FORM KONSULTASI

Tahun
Cm
Kg
Incorrect please try again
ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat