Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/05/2013, 18:51 WIB

KOMPAS.com - Pencegahan penyakit demam berdarah (DB) perlu dimulai dari kesadaran untuk membersihkan lingkungan. Bahkan cukup dengan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) yang dilakukan sekali seminggu dalam 30 menit saja sudah cukup mencegah jentik nyamuk untuk berkembang biak.

PSN merupakan gerakan yang mencakup 3M Plus, yaitu kegiatan menguras, menutup, mengubur serta menghindari gigitan nyamuk. Keempat kegiatan tadi jika dilakukan rutin sekali setiap minggu mampu menekan angka prevalensi penyakit DB.

Ketua Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan DKI Jakarta John Marbun mengatakan, gerakan PSN agar selalu diingat maka dilaksanakan serempak setiap hari Jumat pada pukul 09.00 hingga 09.30. Hari Jumat dipilih karena biasanya hari tersebut merupakan hari krida yang masyarakat bisa melakukan gotong royong membersihkan lingkungan.

John mengatakan, syarat melakukan PSN hanya harus rutin, tidak perlu terpaku dengan hari Jumat. Alasan melakukannya setiap Jumat adalah agar serentak dan mudah diingat dan diawasi.

"Namun bukan berarti gerakan PSN hanya terbatas di hari Jumat. Selama ada satu hari yang dirasa pas untuk melakukan bersih-bersih, PSN bisa dilakukan di hari apa saja," kata John dalam konferensi pers Pemberantasan Sarang Nyamuk Melalui 30 Menit Jumat Bersih dapat Tekan Angka Demam Berdarah di Jakarta, Jumat (24/5/2013).

Gerakan 3M Plus antara lain terdiri dari

1. Menguras. Menguras wadah air seperti bak mandi, tempayan, ember, vas bunga, tempat minum burung, penampung air kulkas agar telur dan jentik Aedes mati.
2. Menutup. Menutup rapat semua wadah air agar nyamuk Aedes tidak dapat masuk dan bertelur.
3. Mengubur. Mengubur atau memusnahkan semua barang bekas yang dapat menampung air hujan seperti ban bekas, kaleng bekas, pecahan botol agar tidak menjadi sarang dan tempat bertelur nyamuk Aedes.
    
Plus: menghindari gigitan nyamuk, memantau semua wadah air yang dapat menjadi tempat jentik nyamuk berkembang biak.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com