Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/05/2013, 10:17 WIB

TANYA:
Saya mempunyai anak perempuan berusia 2 tahun dan diasuh oleh ibunya sendiri, alhamdulillah perkembangan fisiknya normal. Tetapi akhir-akhir ini anak saya punya kebiasaan menempelkan alat kelaminnya pada bantal, lantai bahkan dinding. Pertanyaan saya : Apakah perilaku anak saya tersebut wajar (anak saya tidak mengalami keluhan sakit pada kelaminnya), Bagaimana cara mengatasi/mengurangi kebiasaan anak saya tersebut ? Terima kasih atas bantuannya.
 
Arif, Gresik

JAWAB :
Kebiasaan seorang anak menempelkan bagian alat kelaminnya ke benda-benda seperti bantal, guling, kasur, atau yang lainnya dan si kecil tampak menyukainya dapat dikategorikan sebagai masturbasi. Hal ini dapat saja terjadi pada si kecil.

Jangan menghakiminya seperti melarang keras sambil memarahinya apalagi sampai diberikan hukuman fisik, karena hal itu akan makin membuatnya merasa sangat bersalah, tertekan atau depresi.

Sebaiknya alihkan perhatiannya secara baik-baik dan sabar disaat ia mulai melakukan kebiasaannya tersebut. Ajak dia untuk bermain dengan permainan yang lebih menarik dibandingkan dengan kegiatan tersebut. Lambat laun si kecil akan dapat menghilangkan kebiasaan tersebut dengan sendirinya saat ia menemukan kegiatan lain yang lebih menyenangkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com