Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2013, 12:55 WIB

KOMPAS.com - Warna kulit tidak merata dapat membuat kita terlihat seperti orang yang kecapekan, lebih tua, dan tidak sehat. Penyebab warna kulit tidak merata antara lain yaitu adanya perlambatan pergantian sel kulit, pigmentasi yang berlebihan yang terjadi pada area kulit tertentu, penurunan sirkulasi darah, kulit kering atau berminyak dan jerawat, serta gangguan inflamasi kulit lainnya.

Kendati sudah banyak produk perawatan kulit yang bisa jadi solusi masalah ini, namun prinsip "back to nature" dengan memakai bahan-bahan alami masih menjadi pilihan. Berikut beberapa bahan yang dapat membantu menjadikan warna kulit lebih merata.

1. Air perasan lemon
Kulit berminyak dapat menyebabkan wajah tampak mengkilap dan rentan terhadap gangguan kulit seperti jerawat ataupun komedo. Jenis kulit ini juga diketahui lebih lambat mengalami pergantian sel kulit. Air perasan lemon ternyata dapat membantu menghilangkan minyak yang berlebihan serta mempercepat regenerasi kulit sehingga membuat warna kulit lebih merata. Oleskan air perasan lemon secara merata di kulit dan biarkan hingga kering, kemudian bilas hingga bersih.

2. Oatmeal
Oatmeal memiliki efek menenangkan dan dapat menghilangkan bercak kemerahan dan inflamasi yang diakibatkan paparan sinar matahari, kulit kering atau alergi. Giling oatmeal agar strukturnya lebih halus, campur dengan air, dan gunakan sebagai scrub.

3. Yogurt
Yogurt bermanfaat untuk menghilangkan warna kemerahan pada kulit dan meningkatkan sirkulasi darah. Yogurt juga mengandung asam laktat yang membantu mengangkat kulit mati dan memudarkan noda hitam, serta mencerahkan warna kulit secara keseluruhan. Oleskan yogurt secara merata dan diamkan sekitar 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

4. Madu
Kulit kering juga bisa mengakibatkan warna kulit tidak merata. Madu bermanfaat untuk membersihkan serta memberikan kelembaban alami bagi kulit. Madu juga memiliki sifat anti-bakteri untuk membantu menghilangkan jerawat.

5. Minyak zaitun
Memiliki efek menyegarkan kulit yang meradang dan iritasi, asam lemak omega-3 dari minyak ini memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat melembabkan kulit.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com