Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi "Postnatal Blues", Kenali Tanda-tandanya

Kompas.com - 14/06/2013, 11:36 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com - Perubahan-perubahan cepat yang terjadi pada kehidupan wanita pascakelahiran mungkin dapat menyebabkan gejala stres  yang dinamakan postnatal blues. Jika tidak dikelola dengan baik, postnatal blues  dapat mengakibatkan postnatal depressionyang mengganggu kemampuan dalam mengurus anak.

Betapapun seorang wanita menginginkan dan mencintai anak mereka, perubahan menjadi seorang ibu dapat menimbulkan stres. Hal ini wajar mengingat banyak perubahan terjadi dalam waktu singkat seperti pola tidur, fisik, hormonal, dan sebagainya. 

Menurut dokter spesialis kebidanan dan kandungan RS Bunda dr. Ivan Sini, hampir semua wanita yang sudah melahirkan pernah mengalami postnatal blues, meskipun sebagian dari mereka mungkin tidak menyadarinya,

Agar postnatal blues tidak terjadi berkepanjangan dan mengakibatkan postnatal depression, maka diperlukan pengelolaan yang baik terhadap gangguan ini sejak dini. Pengelolaan postnatal blues yaitu dimulai dengan menyadari adanya tanda-tanda yang berpotensi menimbulkan masalah ini.

"Mulai merasa sedih saat menatap bayi atau menyusui sudah merupakan tanda-tanda awalnya," kata Ivan dalam seminar bertema 'Risiko Setelah Melahirkan: Apa yang Tidak Anda Ketahui dan Wajib Diketahui', Rabu (12/6/2013), di Jakarta. 

Selain itu, wanita juga perlu mewaspadai tanda-tanda postnatal blues lainnya. Seperti dilansir dalam situs Help Guide, tanda-tanda postnatal blues antara lain alterasi mood yang cepat, merasa sedih, sulit tidur, merasa kesal, mengalami perubahan nafsu makan, dan permasalah konsentrasi.

Apabila sudah mengalami tanda-tanda tersebut, imbuh Ivan, wanita sebaiknya segera menceritakannya kepada orang terdekat, atau berkonsultasi dengan dokter. Memendam rasa sendiri mungkin akan membuatnya semakin parah dan meningkatkan risiko mengalami postnatal depression.

Postnatal depression merupakan keadaan yang lebih parah dari postnatal blues. Postnatal depression ditandai dengan gejala tidak tertarik dengan bayi sendiri, merasa negatif pada bayi sendiri, takut menyakiti bayi, kurangnya perhatian pada diri sendiri, hilangnya rasa nyaman, kurang energi dan motivasi, perubahan nafsu makan dan berat badan, tidur lebih atau kurang dari biasanya, serta terlintas pikiran untuk bunuh diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com