Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Gampang Turunkan Bobot? Jalan Kaki Saja!

Kompas.com - 19/06/2013, 11:17 WIB


KOMPAS.com - Ingin menurunkan berat badan tapi Anda malas berolahraga? Tenang saja, Anda juga dapat mengurangi berat badan hanya dengan berjalan kaki saja.

Mudah menurunkan berat badan dengan cara berjalan kaki dapat Anda lakukan dengan empat cara dibawah ini :

1. Ingat ngemil, ingat jalan kaki.

Jika Anda mulai memikirkan ingin ngemil coklat dan camilan lain, segera berdiri dan berjalan kakilah. Tapi jangan berjalan kaki ke toko makanan kecil ya. Keinginan Anda untuk memakan camilan akan berkurang setelah berjalan kaki selama 15 menit.

2. Mulai dari jarak dekat dulu.

Berjalan kaki jarak dekat secara rutin dapat menurunkan berat badan pada tiga bulan pertama Anda memulai program jalan kaki ini. Sebuah penelitian dilakukan selama 12 minggu pada para wanita yang mengalami kelebihan berat badan. Hasilnya, mereka yang berjalan kaki selama 30 menit lima kali seminggu berhasil menurunkan berat badan dalam jumlah yang sama dengan para wanita yang berjalan dua kali lebih lama (60 menit) lima kali seminggu.

3. Percepat langkah.

Ubah kecepatan langkah kaki Anda setiap satu hingga tiga menit. Lalu, kembalilah ke kecepatan biasa selama satu menit untuk pemulihan. Ulangi sesering yang Anda bisa dan selama mungkin Anda inginkan. Variasi intensitas dan tenaga yang dikeluarkan pada tahap ini akan secara dramatis meningkatkan jumlah kalori yang terbakar selama Anda berjalan.

4. Ubah frekuensi, intensitas, dan waktu.

Jika tidak mampu berjalan kaki lebih cepat, Anda dapat melakukan tiga hal di bawah ini untuk meningkatkan jumlah lemak yang terbakar :


• Frekuensi : bila Anda masih cukup kuat, tambahkan sesi olahraga lain setelah berjalan kaki seperti push-up, sit-up, dan lain-lain.

• Intensitas : bila Anda mampu, dakilah tanjakan atau bukit untuk membuat langkah kaki Anda semakin berat sehingga kalori yang terbakar juga lebih banyak.

• Waktu : berjalanlah sedikit lebih lama di setiap sesi jalan kaki Anda. Tambahkan 10 menit lebih lama berjalan kaki setiap harinya. Tak terasa dalam waktu seminggu Anda sudah menambahkan 70 menit untuk berjalan kaki.

Cukup mudah ‘kan fitness mania? Jadi, segera ambil sepatu Anda dan mulailah berjalan kaki hari ini!  (the)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com