Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melalui ENHANCE, Fonterra Bantu Nutrisi, Kesehatan, dan Pendidikan Anak

Kompas.com - 21/06/2013, 09:23 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com -
Usia balita merupakan usia emas pertumbuhan dan pembentukan karakter anak. Maka penting hukumnya untuk mengoptimalkan nutrisi, kesehatan, dan pendidikan pada usia emas tersebut untuk mendapatkan pertumbuhan dan karakter yang baik.

Hal tersebutlah yang mendasari Fonterra bekerja sama dengan LSM ChildFund untuk membantu meningkatkan nutrisi, kesehatan dan pendidikan anak usia dini di sembilan kabupaten di Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah melalui program ENHANCE (Ensuring Nutrition, Health, and Children's Education).

Program ENHANCE di Indonesia sudah berjalan sejak tahun 2011 dan telah meningkatkan kualitas hidup sekitar 1.297 anak-anak, orangtua, guru, mitra lokal, dan relawan melalui pelayanan gizi, kesehatan, dan pendidikan yang diberikan secara menyeluruh di 14 layanan pos PAUD.

Program ENHANCE sejatinya merupakan program kemitraan Fonterra bersama ChildFund berbasis pendidikan anak usia dini (PAUD) dan pengembangan kapasitas masyarakat dengan misi untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak-anak dan masyarakat pra sejahtera di tiga negara, yaitu Indonesia, Filipina, dan Sri Langka.

Human Resources and Corporate Affairs Director Fonterra Brands Indonesia Bagus Kuncoro mengatakan, program ENHANCE diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta memberikan masa depan yang lebih baik kepada anak-anak dan keluarga di wilayah yang membutuhkan.

"Sejak program berjalan selama setahun, kami evaluasi dan ternyata hasilnya bagus. Maka program ini kami perpanjang hingga dua tahun lagi," papar Bagus di sela-sela kegiatan peninjauan PAUD Mentari Ceria di wilayah Kapuk, Jakarta Barat.

Program ENHANCE, imbuh Bagus, bukan hanya sekedar memberikan bantuan saja, namun juga melibatkan komunitas terkait. Maka ketika program berakhir, komunitas sudah menjadi lebih mengerti dan mandiri untuk mengembangkan misi-misi yang selama ini dijalankan.

Kepala PAUD Mentari Ceria Ellyanah mengatakan, manfaat dari program ENHANCE sangat dirasakan oleh PAUD yang dibimbingnya. Terutama untuk sumber daya manusia yang semakin terampil dalam mendidik dan membentuk karakter anak.

"Tenaga pendidik merupakan faktor penting dalam terciptanya proses pendidikan yang baik. Selanjutnya sarana dan prasarana," ujar Ellyanah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com