Sabtu, 1 November 2014 05:09

NEWS & FEATURES / HEALTH CONCERN - ARTIKEL

Kenali Perangkat Pemutih Gigi di Rumah

Penulis : Rosmha Widiyani | Jumat, 21 Juni 2013 | 16:21 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi

KOMPAS.com- Senyuman yang dihiasi gigi putih dan bersih tentu lebih sedap dipandang. Namun, warna cemerlang gigi bisa hilang seiring dengan usia, makanan, minuman, atau kebiasaan merokok.

Banyak cara mengembalikan warna putih gigi gigi, termasuk yang bisa kita lakukan sendiri di rumah. Sebaiknya kenali dulu beberapa perangkat pemutih gigi dan sesuaikan dengan kebutuhan.

1. Pemutih gigi yang bisa dipakai sendiri
Ada beberapa produk pemutih gigi yang dijual di apotik dan bisa digunakan sendiri. Namun ada beberapa hal yang patut diingat, terkait kandungan zat pemutih di dalamnya yang bisa berbahaya jika terkena gusi. Kandungan aktif dalam produk ini bisa mencerahkan gigi yang kuning. Sedangkan untuk noda yang luas dan dalam sebaiknya lakukan di dokter gigi.

2. Perangkat pemutih gigi (tooth-whitening kits)
Perangkat pemutih gigi ini mengandung carbamide peroksida, dan biasa digunakan untuk meghilangkan noda yang cukup dalam pada permukaan gigi. Jika warna gigi Anda berubah karena terlalu sering menyeruput kopi, produk ini bisa dipakai.  Namun produk ini bisa merubah warna asli gigi.

Pada umumya produk ini berbahan gel. Anda bisa menggunakan sikat kecil atau rak yang mirip cetakan gigi, untuk mengaplikasikan gel ini. Perangkat ini harus digunakan setiap hari 30 sampai 45 menit, selama seminggu.

3. Plester pemutih (home whitening strips)
Plester ini tipis, tidak terlihat jelas, dan ditutupi gel peroksida. Plester bisa digunakan beberapa menit sehari selama satu minggu atau lebih tergantung noda pada gigi. Hasilnya akan terlihat dalam beberapa hari dan paling lama satu tahun setelah penggunaan. Hasilnya memang tidak sedramatis whitening kits, namun produk bentuk plester sangat mudah digunakan.

4. Pasta gigi pemutih
Pasta gigi pemutih tidak merubah warna asli gigi. Perangkat ini mengandug zat kimia yang ringan, dan mampu mecerahkan gigi. Dibutuhkan waktu cukup lama untuk mendapat warna gigi lebih cerah.

5. Baking soda dan sikat gigi
Beberapa orang memilih cara lama ini untuk memutihkan gigi. Penggunaan baking soda dan sikat gigi secara perlahan akan memutihkan gigi. Cara ini lebih mudah da praktis digunakan saat di rumah.

Pengguna pemutih gigi yang memiliki tambalan atau memasang gigi palsu sebaiknya berhati-hati. Perangkat pemutih tidak akan mencerahkan warna gigi buatan karena itu warna gigi asli dan palsu akan terlihat jauh berbeda. Untuk membuat warna gigi asli sama dengan gigi buatan, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter gigi.



Sumber :
Editor :
Lusia Kus Anna

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui