Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2013, 07:17 WIB


TANYA :

Bu dokter, saya sudah sepuluh tahun menggunakan gigi tiruan, dua buah gigi depan atas saya patah akibat kecelakaan bermotor. Saat ini permasalahan saya memakai gigi tiruan nyaman-nyaman saja, tetapi terjadi pergeseran gigi lainya yang membuat mulut saya jadi "monyong" dan perenggangan gigi sehingga pemasangan gigi tiruan berikutnya tidak rapi lagi. Bisakah  gigi saya dirapikan menggunakan kawat gigi tetapi saya juga dapat menggunakan gigi tiruan baru ? atau ada solusi semacam operasi untuk menanam gigi tiruan ? Terimakasih atas bantuan dan jawabannya, dok. Wasalam...

(Waddy, 35, 163 cm, 56 kg, Tanjung Tabalong)

 

 

JAWAB :

Bapak Waddy yang baik,

Pilihan perawatan bagi kedua gigi depan atas anda yang hilang adalah dapat menggunakan gigi tiruan lepasan, gigi tiruan cekat, atau implan gigi (dental implant).

Gigi tiruan lepasan merupakan gigi tiruan yang dapat dilepas pasang sendiri oleh pasien. Sama seperti yang sedang anda gunakan saat ini.

Gigi tiruan cekat merupakan gigi tiruan yang disemen secara permanen ke gigi. Ada dua macam gigi tiruan cekat, yaitu crown dan bridge. Pada kasus anda, dapat dibuat yang jenis  bridge, yaitu gigi tiruan yang menggantikan kehilangan satu atau lebih gigi asli yang terbatas dan tertentu, dilekatkan secara permanen dengan semen didukung sepenuhnya oleh 1 atau lebih gigi atau akar gigi yang telah dipersiapkan.

Sedangkan implan gigi terbuat dari bahan yang biokompatibel, yang ditanam ke dalam gusi atau tulang rahang untuk menggantikan gigi yang hilang.

Semua solusi untuk kasus gigi hilang anda tersebut, dapat dikombinasikan dengan pemakaian kawat gigi.

Untuk memperbaiki gigi depan anda yang maju, maka pembuatan gigi tiruan atau pemasangan implan gigi-nya harus disesuaikan dengan inklinasi yang normal. Anda dapat mendatangi Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia (Drg., SpPros) untuk pembuatan gigi tiruan ini. Kemudian untuk merapatkan gigi-gigi anda yang renggang, anda dapat melakukan perawatan dengan kawat gigi cekat di Dokter Gigi Spesialis Ortodonsia (Drg., SpOrt).

Jelaskan seluruh kondisi gigi anda saat ini dan harapan anda untuk hasil perawatannya kepada Dokter Gigi tersebut. Tanyakan kepada beliau, rencana perawatan yang terbaik bagi gigi anda, apakah dengan memasang implan gigi, gigi tiruan lepasan, atau gigi tiruan cekat.  Tentunya semua juga melalui pertimbangan kondisi mulut, kesehatan umum, serta biaya.

Demikian Bapak Waddy semoga informasinya bermanfaat.

Salam gigi sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com