Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/07/2013, 11:18 WIB

TANYA:
 
Dokter, pada lubang vagina saya terdapat benjolan kecil, kira-kira sebesar ruas pertama jari telunjuk. Benjolan itu menyebabkan rasa yang sangat gatal pada area sekitar vagina. Selain itu, akhir-akhir ini saya sering merasakan keluarnya cairan, tapi cairan tersebut tidak seperti keputihan yang cenderung kental. Cairan ini agak encer.
 
Sebelumnya saya tidak pernah melakukan hubungan intim apapun. Benjolan apakah itu dok? Apakah itu berbahaya? Apakah perlu dihilangkan? Bagaimana menghilangkanya?
 
(Laras, 21, Kebumen)


JAWAB:

Sayang ya tidak di sebutkan status Anda, Nona atau nyonya. Tapi anggap saja Nona karena belum pernah melakukan hubungan intim. Kalau dari data yang diberikan, ukuran nya cukup besar, namun lokasinya tidak di sebutkan secara spesifik.

Kemungkinan besar Anda menderia kista bartolin, yaitu benjolan yang terjadi karena tertutupnya saluran kelenjar bartolin. Untuk memastikan, sebaiknya segera saja ke dokter kebidanan. Kalau memang benar, kista tersebut tidak berbahaya, hanya memerlukan operasi kecil. Dan selanjutnya harus lebih diperhatikan kesehatan organ intim Anda, karena keadaan ini bisa berulang. Terimakasih atas pertanyaannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com