Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/07/2013, 08:21 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber Dailymail


Kompas.com-
Seks memiliki makna luar biasa dalam pernikahan. Selain menguatkan ikatan cinta, hubungan seks yang dilakukan secara teratur juga bisa membuat Anda dan pasangan tampak awet muda.

Dr.David Weeks, seorang peneliti dan psikolog menyebutkan, pasangan berusia paruh baya yang rutin bercinta tampak 5-7 tahun lebih muda dari usia sebenarnya.

Weeks melakukan survei kepada ribuan pasangan. Terungkap bahwa mereka yang berusia 40-50 tahun dan tampak awet muda melakukan hubungan seks 50 persen lebih banyak (sekitar tiga kali dalam seminggu).

Menurut Weeks, kepuasan yang timbul dari hubungan seks adalah faktor penting untuk memperlambat penuaan. Biologi juga berperan, karena dilepaskannya hormon endorfin, saat seseorang merasa sedang bahagia.

Hormon endorfin juga bisa berperan sebagai antinyeri alami, mengusir kecemasan, dan membantu tidur nyenyak.

Hormon pertumbuhan yang juga dilepaskan saat kita bercinta diketahui membantu kulit tetap elastis dan mencegah keriput.

Bukan hanya itu, hubungan seks juga membantu membakar lemak dan pelepasan zat-zat kimia untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

"Bercinta itu menyenangkan dan punya banyak manfaat. Karena itu aktiflah bercinta, termasuk pasangan yang sudah tua," katanya.

Ia juga menampik anggapan yang menyebut memasuki masa pensiun berarti juga pensiun bercinta. "Kepuasan seksual adalah faktor penting dalam kualitas hidup, setara dengan spritialitas dan komitmen pernikahan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com