Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/07/2013, 17:01 WIB
Rosmha Widiyani

Penulis


Kompas.com — Pengaturan makan sebenarnya lebih penting untuk membentuk tubuh yang langsing dan sehat. Ada yang berpendapat, idealnya makan harus sering, tetapi dalam porsi kecil. Sementara yang lain mengklaim, tidak makan malam adalah cara terbaik menurunkan berat badan.

Pendapat terbaru yang dibuktikan dalam sebuah studi menyebutkan bahwa orang yang hanya makan dua kali sehari lebih cepat langsing dibandingkan orang yang makan lebih sering, bahkan dalam jumlah kalori yang sama.

Hasil riset tersebut dipaparkan pada American Diabetes Association 73rd Scientific Sessions. Riset ini melibatkan para partisipan yang menderita diabetes tipe dua. Mereka diminta menjalani dua metode diet selama 12 minggu.

Satu kelompok makan 6 kali yang terdiri atas tiga kali makan besar dan tiga kali makan kecil setiap hari. Sementara kelompok lain hanya makan besar 2 kali sehari, yang terdiri atas sarapan dan makan siang.
Kedua kelompok makan dengan jumlah kalori dan nutrisi yang sama. Hasilnya, mereka yang makan 2 kali sehari mengalami penurunan BMI tiga kali lebih banyak.

Menurut pimpinan riset Hana Kehleova, MD. PhD dari  Clinical and Experimental Medicine, saat kita mengurangi asupan kalori, metabolisme menjadi melambat.

Dalam penelitian ini, ketika mereka makan hanya dua kali sehari, metabolisme tidak ikut menurun karena tubuh mereka bekerja lebih keras mencerna makan besar.

Namun, Kahleova mengingatkan, responden dalam riset ini adalah orang yang menderita diabetes melitus sehingga metode diet ini belum tentu cocok untuk semua orang.

Malah, para ahli berpendapat, pola makan dua kali tetapi dalam porsi besar justru bisa membuat tubuh gemuk lebih cepat. Saat kita mengasup kalori dalam porsi besar, tubuh akan menyimpan kelebihan kalori sebagi lemak dan bukannya dibakar sebagai energi.

Studi sebelumnya juga menunjukkan bahwa makan secara teratur sepanjang hari akan membantu gula darah tetap stabil dan menjaga nafsu makan tetap terkontrol.

Kahleova juga menjelaskan, makan dua kali sehari bukanlan strategi yang tepat untuk menurunkan berat badan dalam jangka panjang. "Sebaiknya makan agak berat saat sarapan dan makan siang, tapi makan malam dalam porsi kecil," katanya.

Bagaimana dengan keinginan ngemil? Dengarkan tubuh Anda untuk mengenali apakah lebih cocok makan dalam porsi kecil enam kali sehari atau dua kali saja. Kemudian, pilih camilan yang tinggi serat dan rendah kalori sehingga keinginan ngemil terpuaskan, tetapi tidak terlalu menambah kalori.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com