Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/07/2013, 15:29 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com — Hampir setiap orang pernah merasa lapar lagi setelah makan malam. Sebagian orang memilih untuk makan lagi, tetapi sebagian lagi memilih untuk pergi tidur lebih cepat lantaran takut gemuk kalau harus makan lagi.

Makan lagi setelah makan malam sebenarnya bukan hal yang mengkhawatirkan untuk berat badan, asalkan pilihan makanannya tepat. Camilan bisa menjadi pilihan yang tepat. Berikut adalah 10 camilan paling rendah kalori yang cocok menemani saat lapar pada malam hari.

1. Kacang almond
Kacang almond memberikan rasa kenyang dan nutrisi bagi tubuh, tetapi rendah kalori, sehingga almond merupakan camilan yang tepat untuk malam hari. Makan 13-14 butir kacang hanya memberikan Anda sekitar 98 kalori.

2. Apel
Selain menyehatkan, apel juga dapat membatasi jumlah kalori yang diasup. Apel mengandung sekitar 100 kalori. Buah ini kaya serat larut dan antioksidan yang membantu melindungi dari polusi dan memperbaiki kadar kolesterol.

3. Kacang kulit
Kacang kulit merupakan camilan yang sehat dan bergizi. Segenggam kecil kacang kulit mengandung sekitar 74 kalori. Di samping itu, kacang kulit juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga bisa mengenyangkan tubuh lebih lama dan menjaga kadar gula darah tetap stabil sehabis makan.

4. Anggur
Anggur dapat memberikan rasa kenyang meski kalorinya cukup rendah. Sebanyak 30 butir anggur mengandung sekitar 100 kalori. Anggur juga dapat membantu mengatasi anemia, kelelahan, rematik, dan asam urat.

5. Melon
Sepotong melon memiliki sekitar 88 kalori. Melon banyak mengandung air sehingga kandungan kalorinya rendah.

6. Sup tomat
Sup tomat mudah dibuat dan mengandung kalori yang cukup rendah. Satu mangkuk kecil sup tomat memiliki sekitar 74 kalori.

7. Cherry
Buah mungil ini memiliki kandungan vitamin yang tinggi dan rendah lemak. Sebanyak 25 butir cherry mengandung 100 kalori.

8. Pear
Buah pear dapat memuaskan rasa lapar Anda. Sebutir pear mengandung sekitar 100 kalori.

9. Bluberi
Semangkuk bluberi hanya mengandung sekitar 83 kalori. Ditambah lagi bluberi mengandung antioksidan yang tinggi yang membantu memperlambat proses penuaan tubuh.

10. Kiwi
Buah khas Selandia Baru ini merupakan sumber vitamin C yang baik. Dua butir kiwi mengandung 58 kalori. Selain itu, kiwi sangat baik untuk membantu sistem pencernaan Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com