Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perawatan Rambut yang Keliru Bisa Merusak Rambut

Kompas.com - 25/07/2013, 19:09 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com - Setiap orang yang merawat rambut tentu bertujuan untuk memiliki rambut yang indah dan bercahaya. Namun sayangnya teknik merawat yang salah justru akan membuat kerusakan dan kerontokan rambut.

Asisten profesor dermatologi klinis di University of California Paradi Mirmirani mengatakan, ada mitos-mitos keliru perawatan rambut yang sebenarnya dapat merusak rambut. Misalnya seperti menyisir rambut sebanyak 100 kali setiap hari, justru akan membuat rambut lebih mudah bercabang.

"Memiliki rambut sehat dan indah adalah mungkin apabila kita tahu bagaimana cara merawat sebelum dan setelah menatanya," ujarnya.

Mirmirani pun memberikan kiat untuk menjaga rambut tetap sehat dengan perawatan yang tepat.

- Keringkan rambut dengan handuk dengan memijatnya lembut, bukan mengusap-usapnya dengan cepat. Setelahnya biarkan rambut kering dengan alami, bukan menggunakan pengering.

- Jangan menata rambut saat rambut masih basah. Karena saat basah, rambut mudah patah saat disisir. Meskipun demikian, jenis rambut tertentu seperti keriting kecil-kecil dan mudah kusut sebaiknya justru disisir saat keadaannya masih basah.

- Saat harus segera menata rambut dalam keadaan masih basah, maka tetap gunakan pengering rambut namun dengan posisi tidak terlalu dekat dengan rambut. Membatasi penggunakan pengering rambut dapat membantu membatasi kerusakannya.

- Kurangi frekuensi menyisir rambut. Sisirlah rambut seperlunya saja untuk mencegah rambut menjadi bercabang.

- Kurangi penggunaan produk-produk menyangga tatanan rambut, seperti hairspray. Bila harus menggunakannya, pastikan Anda tidak langsung menyisirnya karena akan mengakibatkan rambut mudah rontok. Sebaliknya keramaslah terlebih dulu untuk menghilangkan sisa-sisa produk, baru kemudian ditata kembali.

- Pastikan alat-alat penata rambut yang menggunakan panas, seperti pelurus atau pengeriting rambut, diatur mengeluarkan panas sedang. Dan jangan tahan terlalu lama alat-alat tadi di satu bagian rambut, maksimal dua detik.

- Ekstensi sebaiknya tidak digunakan secara terus menerus, lantaran dapat menarik rambut dan mengakibatkan kerontokan. Penggunakan ekstensi jangka panjang dapat memicu kerontokan rambut permanen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com