Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 22/03/2023, 19:31 WIB
Lusia Kus Anna

Editor


Kompas.com -
 Banyak orang khawatir saat menjelang puasa Ramadhan karena menderita penyakit maag.

Menderita penyakit maag tentu bukan penghalang atau alasan bagi untuk tidak menjalankan ibadah puasa. Penderita maag bisa menjalankan ibadah puasanya sampai akhir bulan puasa dengan kiat yang tepat.

Baca juga: Manfaat Makan Buah Saat Sahur dan Buka Puasa untuk Tubuh

Perut kosong, tentu menjadi mimpi buruk bagi penderita maag kaerna perut kosong akan mengakibatkan nyeri dan sakit pada lambung.

Sebelum penderita maag melakukan ibadah puasa, lebih baik anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter apakah dapat menjalakan proses puasa dengan penuh atau tidak.

Untuk pola makan penderita maag dan dengan mereka yang sehat, tidak terlalu berbeda, hanya ada beberapa hal yang perlu di perhatikan. Berikut hal yang perlu di ketahui bagi penderita maag dalam menjalankan ibadah puasa:

  1. Hindari kopi atau minuman bersoda
  2. Hindari mengonsumsi makanan yang bersifat merangsang atau memicu pengeluaran asam lambung. Contoh, makanan yang asam dan pedas.
  3. Hindari makanan yang menimbulkan gas dalam lambung, seperti kol dan sawi.
  4. Kurangi atau bahkan hindari penggunaan bahan tambahan atau bumbu-bumbu yang merangsang, seperti lada, cabai, cuka, dan asam.
  5. Konsultasikan dengan dokter, apabila di perlukan untuk mengkonsumsi obat yang dapat mengendalikan kadar asam yang berlebih pada lambung.

Baca juga: Minuman yang Harus Dihindari Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com