Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/07/2013, 15:10 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com - Rambut yang indah bercahaya dapat diperoleh dari pengaplikasian minyak secara rutin pada rambut. Memijat rambut dengan minyak bukan hanya membantu untuk rileks, tetapi juga mencegah permasalahan rambut utama seperti rontok atau ketombe, serta menguatkan dan menutrisi rambut.

Berikut daftar minyak rambut yang membantu rambut untuk tumbuh lebih baik dan mencegah kerontokan.

1. Minyak zaitun
Mengaplikasikan minyak zaitun merupakan cara terbaik untuk melembabkan rambut, karena minyak ini memiliki kandungan anti-inflamasi yang membantu kulit kepala lebih sehat dan mencegah ketombe serta rambut rontok. Selain itu, minyak zaitun juga kaya kandungan asam lemak tak jenuh dan vitamin E yang membantu pertumbuhan rambut.

2. Minyak kelapa
Memijat rambut dengan minyak kelapa dapat membantu melembutkan batang rambut dan kulit kepala sehingga membuat rambut tampak berkilau. Minyak kelapa juga dapat membantu memperbaiki kerusakan rambut.

3. Minyak biji jarak
Membalurkan minyak biji jarak pada rambut seminggu kali dapat membantu untuk mencegah rambut kerontokan rambut. Nutrisi yang ada dalam minyak ini dapat melembabkan rambut dan memperbaiki pertumbuhan rambut. Serta minyak ini juga menghilangkan rambut bercabang dan permasalahan kulit kepala.

4. Minyak almond
Minyak almond berfungsi baik dalam menjaga kelembaban alami rambut. Minyak ini juga memberikan nutrisi pada rambut, mencegah kerontokan, dan memberikan kilau alami pada rambut.

5. Minyak alpukat
Minyak alpukat kaya akan nutrisi dari mulai asam amino hingga berbagai jenis vitamin. Sehingga pengaplikasikan minyak ini dapat memberikan nutrisi pada rambut yang memperbaiki pertumbuhannya.

6. Minyak lavender
Minyak lavender mengandung senyawa yang bersifat menenangkan dan melembutkan. Di samping itu, minyak ini juga bersifat antibakteri yang membantu mencegah infeksi dan kutu.

7. Minyak rosemary
Jenis minyak yang bermanfaat lainnya yaitu minyak rosemary yang membantu memperbaiki banyak masalah rambut, seperti kerontokan, ketombe, dan mempercepat pertumbuhan rambut.

8. Minyak sage
Minyak sage sangat bermanfaat untuk menumbuhkan rambut, karena kandungan senyawa penyubur rambutnya.

9. Minyak cemara
Menggunakan minyak cemara mampu memperbaiki aliran darah di kulit kepala sehingga mencegah kerontokan rambut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com