Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2013, 10:18 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com —
Postur tubuh yang baik akan mempermudah aktivitas sehari-hari dan tentunya menunjang penampilan yang lebih menarik. Namun, postur tubuh yang baik tidak mungkin dimiliki dengan hanya olahraga selama 15 menit. Sebaliknya, dibutuhkan tekad yang kuat untuk menjaga postur tetap tegak.

Saat belum terbiasa, menegakkan tubuh dan menjaga posturnya tetap baik tentu akan sedikit menyulitkan. Kabar baiknya, latihan kekuatan dan kelenturan dapat membantu kita untuk mendapatkan postur yang diidamkan tersebut.  Selain itu, ada pula langkah-langkah sederhana untuk menjaga postur tetap baik. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Pemeriksaan diri di cermin

Berdiri di depan cermin, kemudian lihat postur tubuh Anda yang sekarang. Apakah pundak tampak membungkuk, tidak tegap, dada tampak cekung, tidak membusung, dagu tampak ke bawah, tidak terangkat, kepala tampak maju, tidak sejajar dengan bahu.

Jika Anda memiliki postur lama yang kurang baik seperti tadi, maka tariklah perut dan bokong ke dalam, dan buka lutut sejajar bahu. Dengan begitu, postur tubuh Anda harusnya menjadi lebih baik. Tugas Anda selanjutnya adalah mengusahakan untuk menjaga postur tetap seperti itu.

2. Gunakan dinding

Berdirilah dengan punggung menempel dinding dengan jarak tumit dengan dinding sekitar 15 sentimeter. Biarkan kepala, bahu, dan bokong menyentuh dinding.

Selipkan tangan di belakang punggung bawah. Jika ketebalan celah punggung dengan dinding melebihi ketebalan tangan, maka kencangkan perut dan busungkan dada untuk meratakan kurva di punggung Anda.  

3. Duduk di kursi

Letakkan kedua kaki di lantai atau di sandaran kaki, pastikan lutut terbuka selebar pinggul. Angkat dagu hingga bagian atas kepala menghadap persis ke langit-langit. Tarik bahu hingga menyentuh bagian sandaran kursi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com