Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2013, 11:02 WIB

TANYA :

Prof, saya adalah seorang laki-laki transgender yang sedang bingung untuk mendapatkan terapi hormon testosteron. Yang ingin saya tanyakan  apa yang harus saya lakukan supaya bisa melakukannya? Berapa lamakah terapi tersebut harus saya lakukan? dan berapa biayanya? Terimakasih

 

(Mario, 19, Tangerang)

 

JAWAB :

Mungkin perlu saya konfirmasi status transseksual Anda. Kalau Anda seorang transeksual dari laki-laki ke perempuan, maka Anda tidak memerlukan banyak testosteron.

Kebutuhan testosteron Anda harus dikurangi agar penampilan Anda menjadi lebih feminin.

Kalau Anda sudah mengalami operasi pengangkatan kedua buah pelir Anda, maka dengan sendirinya hormon testosteron Anda akan berkurang jauh. Penurunan ini akan berpengaruh kepada fungsi seksual, otot, lemak dan kulit Anda.

Hormon yang Anda perlukan, justru hormon anti testosteron atau anti androgen. Berapa lama Anda memerlukan pengobatan hormon, ya tentu selamanya.

Oleh karena itu, pengobatan hormon memerlukan evaluasi dan monitoring yang ketat.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com