Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/08/2013, 13:46 WIB


TANYA  :

Dok, saat saya melakukan tes untuk gambaran personality disorder, hasilnya adalah:  Paranoid: High Schizoid: Moderate Schizotypal: High Antisocial: Moderate Borderline: Very High Histrionic: High Narcissistic: High Avoidant: Very High Dependent: Very High Obsessive-Compulsive: High. Saya lakukan di alamat: http://www.4degreez.com/misc/personality_disorder_test.mv. Apakah tes ini dapat menggambarkan apa yang saya alami. Apa yang harus saya lakukan bila memang hasilnya memang benar ?

(Edi, 21, Medan)

 

JAWAB :

Edi yang baik,

Saat ini, memang orang sering mudah melakukan tes kepribadian sendiri di berbagai website yang tersedia di dunia maya. Satu hal yang perlu diingat adalah kondisi kejiwaan seseorang apalagi untuk menegakkan diagnosis harus dilakukan dengan wawancara psikiatrik terstruktur.

Itu artinya orang tersebut harus bertemu langsung dengan psikiater untuk mendapatkan kejelasan tentang kondisi kejiwaannya. Alat tes merupakan alat bantu seperti layaknya sebuah alat CT-Scan, Rontgen atau pemeriksaan laboratorium.

Apalagi jika sebagai orang dengan bahasa ibu Indonesia mengerjakan tes dalam bahasa Inggris. Sebaik apapun bahasa inggris anda, ada faktor kultural budaya dalam tes tersebut yang berbeda. Itulah mengapa tes yang berasal dari luar negeri dengan bahasa asing harus diterjemahkan dan divalidasi terlebih dahulu sebelum dikatakan sahih untuk digunakan.

Proses validasi ini tidak mudah karena memperhitungkan berbagai aspek bukan hanya bahasa tetapi juga kultural dan sosial di tempat alat tes ini akan digunakan.

Saran saya untuk hasil tes anda, kalau memang masih mengingingkan hal yang tepat, ada baiknya berkonsultasi ke psikiater atau ke psikolog klinis jika ingin melakukan tes kejiwaan atau tes psikologis.

Semoga bermanfaat. Salam Sehat Jiwa
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com