Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/08/2013, 11:25 WIB

TANYA:
 
Dokter yg ramah, saya sudah menikah selama 2 bulan. Kemarin saya sudah merasakan tanda-tanda kehamilan dan hasil testpack pun positif, tapi sayangnya yang satu merah jelas yang satu warnanya agak pink dokter.  Kemudian setelah satu minggu dari tes itu saya dapet haid dok dan haidnya itu pun kaya sugampalan darah gitu dok rasanya sakit banget. Saya bingung dok sebenarnya saya hamil apa tidak dan itu haid penyakit apa kotoran dok?
                

Susanti (20), Bogor


JAWAB:

Ibu Susanti Yth,
Bila telat haid 1-2 minggu memang kita harus hati-hati. Test pack yang positif memang bisa diartikan hamil. Tapi bila kemudian ada perdarahan, kemungkinannya adalah keguguran atau memang tidak hamil. Hal ini di mungkinkan karena adanya pengaruh hormonal.

Ibu perhatikan saja gejalanya, kalau perdarahan banyak sebaiknya ibu ke dokter untuk memastikan diagnosisnya. Tapi bila ibu merasa tidak terganggu maka di pantau saja, nanti keluhannya akan menghilang. Sebagai indikator perdarahan itu normal, maka pada siklus yang akan datang ibu akan haid lagi. Terimakasih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com