Sabtu, 20 Desember 2014 11:28

15 Cara Cepat Tumbuhkan Kumis dan Jenggot

Penulis : Unoviana Kartika | Senin, 5 Agustus 2013 | 16:53 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
shutterstock
ilustrasi

KOMPAS.com - Kumis dan jenggot selalu menjadi tanda maskulinitas pria. Menurut penelitian, pria dengan wajah yang ditumbuhi kumis dan jenggot tampak lebih jantan dan seksi.

Namun ada beberapa kendala yang menyebabkan sebagian pria sulit menumbuhkan kumis dan jenggotnya. Jika Anda termasuk dalam golongan tersebut, maka sebaiknya simaklah 15 cara menumbuhkan kumis dan jenggot berikut ini.

1. Tidur cukup
Tidur dapat membantu memperbaiki sel kulit yang rusak dan memperbaiki pertumbuhan rambut, termasuk di sekitar wajah.

2. Konsumsi vitamin dan mineral
Vitamin dan mineral tertentu membantu mempercepat tumbuhnya rambut di sekitar wajah. Maka tambahkan vitamin A, B, C, dan E ke dalam diet guna mempercepat proses pertumbuhan rambut.

3. Bersihkan kulit
Kulit yang bersih membuat rambut yang pendek bisa tumbuh dengan baik. Maka pastikan kulit Anda selalu bersih, cuci dengan air hangat dan pembersih wajah setiap pagi dan malam.

4. Berhenti merokok
Salah satu efek samping merokok adalah kerontokan rambut. Nikotin dari rokok mencegah kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi yang dibutuhkan dalam pertumbuhan rambut. Zat adiktif tersebut juga menghalangi aliran darah dengan membuat sumbatan pada pembuluh darah.

5. Kurangi stres
Rambut pada wajah tumbuh lebih cepat saat tubuh rileks dan tidak stres. Mengelola stres dengan baik dengan meditasi atau yoga ikut mempercepat tumbuhnya rambut.

6. Konsumsi lebih banyak protein
Protein yang ditemukan pada daging, ikan, telur, dan kacang akan membantu rambut tumbuh lebih cepat pada wajah.

7. Angkat sel kulit mati
Sel kulit mati akan menghalangi rambut untuk tumbuh. Maka mengangkat sel kulit mati seminggu sekali dapat membantu mempercepat tumbuhnya rambut.

8. Pijat wajah
Pijatan lembut pada wajah meningkatkan aliran darah di bagian tersebut. Aliran darah yang baik akan merangsang rambut untuk tumbuh.

9. Jaga kelembabannya
Kulit yang lembab menciptakan lingkungan yang baik bagi rambut untuk tumbuh dengan cepat. Gunakan pelembab yang mengandung minyak eucalyptus yang dikenal sebagai penyubur rambut.

10. Periksa jika ada rambut yang tumbuh ke dalam
Kumis dan jenggot tidak akan tumbuh dengan baik selama masih ada rambut yang tumbuh ke dalam.

11. Lengkapi asupan vitamin B
Konsumsi vitamin B yang lengkap seperti vitamin B1, B6, dan B12 secara khusus akan mempercepat tumbuhnya rambut.

12. Konsumsi sayur dan buah
Rambut tidak akan tumbuh dengan baik tanpa asupan nutrisi yang baik pula. Sayur dan buah menyediakan vitamin dan mineral yang dibutuhkan rambut untuk tumbuh dengan cepat.

13. Cukup minum
Cairan yang cukup di dalam tubuh akan membantu mengoptimalkan regulasi sistem tubuh, termasuk mempercepat pertumbuhan rambut.

14. Gunakan minyak amla
Minyak amla dikenal sebagai penyubur rambut alami. Gunakan minyak ini untuk memijat wajah dan biarkan 15 hingga 20 menit, kemudian bilas dengan air dingin dan bersihkan wajah.

15. Hindari makanan manis dan junk food





Sumber :
Editor :
Lusia Kus Anna

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui