Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/08/2013, 09:58 WIB
Rosmha Widiyani

Penulis

Sumber WebMD


KOMPAS.com - Kuku adalah bagian dari tubuh yang dapat membantu mengetahui kondisi kesehatan seseorang. Kuku yang sehat biasanya berwarna merah jambu dengan permukaan mengkilat.

Anda perlu waspada jika muncul perubahan-perubahan seperti bercak-bercak putih atau warna kekuningan, karena hal itu bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan. 

Perubahan lain seperti warna kuku yang pucat, memutih, kebiruan atau bentuk kuku yang bergelombang juga menjadi sinyal hadirnya masalah di dalam tubuh. Sejumlah penyakit yang menyerang liver, paru-paru, dan jantung juga dapat terlihat dari perubahan pada kuku.

Berikut ini  adalah beberapa tanda pada kuku yang perlu diwaspadai seperti yang dilansir laman WebMD

1. Kuku putih
Bila warna kuku Anda didominasi warna putih dengan pinggiran yang lebih gelap, maka hal ini mungkin merupakan tanda penyakit liver seperti hepatitis. Masalah liver lainnya ditandai warna kuku yang kekuningan.

2. Kuku pucat
Kuku yang sangat pucat merupakan indikasi penyakit seperti anemia, penyakit liver, malnutrisi, dan gagal jantung kongestif.

3. Kuku kuning
Salah satu tanda umum bila kuku berwarna kuning adalah adanya infeksi jamur. Bila infeksi semakin parah kuku menjadi seperti tertarik, kemudian menebal dan rapuh. Pada beberapa kasus, kuku kuning mengindikasikan penyakit tiroid, paru, diabetes, atau psoriasis

4. Kuku kebiruan
Kuku kebiruan menandakan tubuh tidak mendapat cukup pasokan oksigen. Hal ini bisa mengindikasikan infeksi paru, misalnya pneumonia. Beberapa masalah jantung juga bisa dihubungkan dengan kuku yang kebiruan.

5. Kuku bergelombang
Bila permukaan kuku seperti bergelombang atau berbintik, hal ini menjadi tanda awal psoriasis atau  inflammantory arthritis (radang sendi). Perubahan lain yang biasa terjadi adalah, kulit di bawah kuku terlihat memerah hingga coklat.

6. Kuku yang pecah atau terbelah
Kuku yang kering dan rapuh hingga sering pecah, merupakan tanda penyakit tiroid. Kuku pecah yang kekuningan menjadi tanda infeksi jamur.

7. Kuku bengkak dan terlipat
Bila kulit di sekitar kuku terlihat merah dan membengkak, hal ini merupakan tanda adanya radang pada lipatan kuku. Gejala ini bisa terjadi akibat  lupus atau kerusakan sambungan jaringan lainnya. Infeksi juga bisa menyebabkan kemerahan atau radang pada lipatan kuku.

8. Garis hitam di bawah kuku
Kondisi ini harus diperiksakan sesegera mungkin. Garis vertikal berwarna kehitaman pada kuku dapat menjadi penanda melanoma, tipe kanker kulit yang paling ganas.

9. Sering mengigit kuku
Menggigiti kuku mungkin tak lebih dari kebiasaan lama. Tapi pada beberapa kasus hal ini menandakan kegelisahan yang terus ada. Menggigiti kuku bisa dihubungkan dengan gangguan kejiwaan dan perilaku obsesive-compulsive. Jika tak bisa berhenti, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter

Bagaimanapun kuku hanya bagian kecil tubuh. Kuku bukan bagian pertama yang berubah bila terjadi sesuatu pada tubuh. Perubahan kuku juga tidak berlalu sama pada semua orang. Tidak semua orang dengan kuku putih memiliki diabetes. Jika khawatir dengan penampilan kuku, ada baiknya segera kunjungi dermatologis.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com