Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2013, 14:35 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber Boldsky

KOMPAS.com - Bayam merupakan salah satu jenis sayuran dengan kandungan terlengkap. Bayam merupakan sumber serat, zat besi, flavonoid, vitamin E dan C, mangan, zinc, dan lain-lain. Bayam juga diketahui memiliki manfaat untuk percernaan, mencegah sembelit dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Namun dari segudang manfaat tersebut, seringkali bayam menjadi sayuran yang membosankan, terutama bagi anak-anak. Hal ini karena cara memasak kita yang itu-itu saja. Padahal ada juga lho, cara-cara memasak bayam yang membuat siapapun tak dapat menolaknya. Simaklah cara enak dan sehat memasak bayam berikut.

1. Masukan dalam salad
Salad merupakan salah satu cara tersehat untuk mengonsumsi sayuran. Jadi tidak ada salahnya untuk memasukan bayam ke dalam salad sesekali untuk mengganti selada.

2. Selipkan di antara sandwich
Berikan bayam, irisan tomat, wortel, mayones, hingga potongan ayam bakar di antara roti gandum. Jadilah sandwich lezat yang bisa jadi pilihan sehat makan siang Anda.

3. Masak bersama pasta
Ada beberapa cara masak bayam bersama pasta. Bayam bisa dirajang menjadi serpihan kecil untuk dicampur dengan saus pasta, atau menggunakan pasta yang terbuat dari bayam (jenis pasta ini sudah dijual di beberapa tempat). Rebus pasta dengan tambahan minyak zaitun, sedikit garam dan lada. kemudian masukan potongan bayam dan tiriskan.

4. Campurkan dengan kari
Bayam bisa dimasak menjadi kari yang lezat dan sehat. Caranya yaitu dengan menghancurkan bayam dan kentang dan dimasak dengan resep kari ala India.

5. Saus celup bayam
Rajang bayam tipis-tipis dan campurkan dengan krim keju atau mayones. Gunakan saus ini untuk mencelupkan biskuit atau roti favorit Anda.

6. Keripik bayam
Cara ini mungkin yang paling disukai oleh anak-anak. Goreng daun bayam hingga garing seperti keripik, lalu tambahkan sedikit bumbu untuk menyedapkan rasanya.

7. Pizza topping bayam
Selain keju, daging, brokoli, atau paprika, bayam juga bisa dijadikan topping pizza. Letakkan bayam di atas adonan pizza, campurkan dengan keju dan beberapa topping lainnya, kemudian panggang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com