Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2013, 10:31 WIB
Rosmha Widiyani

Penulis

Sumber LiveStrong

Kompas.com - Brokoli dan kedelai adalah dua pangan nabati yang identik dengan kesehatan. Tetapi banyak juga yang percaya kedua bahan pangan itu justru harus dihindari karena bisa mengganggu fungsi tiroid.

Brokoli, kedelai, serta sayuran kubis diketahui mengandung goitrogens, zat yang bisa memperlambat produksi hormon tiroid. Goitrogens akan mengganggu tiroid karena menghambat iodin, mineral yang penting untuk produksi hormon tiroid.

Padahal, meski ukurannya kecil, tetapi kelenjar tiroid memiliki fungsi yang besar, terutama dalam hal metabolisme dan fungsi kecepatan tubuh. Ia mengatur dari seberapa cepat jantung berdenyut hingga seberapa cepat kalori tubuh dibakar.

Tetapi Anda tak perlu memusuhi brokoli dan kedelai. Karena jika Anda tidak menderita gangguan tiroid, konsumsi sayuran tersebut tidak berpengaruh banyak. Apalagi jika kita cukup mengonsumsi iodin dari garam, goitrogens tidak akan berpengaruh besar.

Selain itu, proses pemasakan baik itu mengukus atau merebus brokoli, kedelai, kubis, dan sayuran lain, akan menonaktifkan goitrogens.

Lain halnya jika Anda sudah menderita gangguan tiroid. Konsumsi sayuran yang mengandung goitrogens bisa menyebabkan hipotiroid atau tiroid kurang aktif.

Gejala hipotiroid antara lain kelelahan dan rasa malas, denyut jantung lambat, meningkatnya berat badan tanpa sebab yang jelas, sembelit, depresi, hingga meningkatkan kadar kolesterol darah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com