Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2013, 11:07 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com - Gejala parkinson berupa tak mampu mengendalikan gerakan tubuh seringkali menyulitkan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk meringan gejalanya, salah satu yang bisa lakukan yaitu berdansa dengan gerakan-gerakan yang menghentak seperti tango atau Irish jig.

Sebuah studi baru menunjukkan, setelah berdansa dua kali seminggu, penyandang parkinson lebih mampu melakukan aktivitas fisik. Aktivitas-aktivitas tersebut sebelumnya tidak dapat mereka lakukan sejak mereka dinyatakan menyandang parkinson.

Dalam studi asal University of Southampton tersebut, para peneliti melakukan percobaan pada 127.000 orang dengan penyakit parkinson. Para responsen itu mengalami kerusakan progresif sel saraf pada bagian otak yang disebut substansia nigra.  

Kerusakan itu memicu penurunan kadar senyawa kimia otak yaitu dopamin. Dopamin berperan dalam regulasi gerakan dalam tubuh. Kekurangan dopamin menyebabkan getaran yang tidak dapat dikendalikan, kekakuan otot, dan perlambatan gerakan fisik.

Pemicu kerusakan tersebut belum diketahui, tetapi para peneliti percaya hal itu dipengaruhi oleh kombinasi faktor keturunan dan lingkungan.

Belum ada obat yang benar-benar menyembuhkan penyakit parkinson, namun beberapa cara diketahui dapat membantu mengontrol gejalanya. Studi menunjukkan, penyandang parkinson yang ikut serta dalam kelas berdansa dua kali seminggu selama satu tahun mengalami perbaikan gejala yang signifikan.

Studi lainnya menunjukkan, koordinasi gerakan mata para peserta juga membaik saat melakukan gerakan-gerakan dansa. Diketahui, penyandang parkinson sulit melakukan koordinasi gerakan mata. Dan para peneliti percaya, musik dan gerakan dansa dapat membantu otak untuk memperbaiki masalah keseimbangan dan gerakan organ-organ tubuh.

Menurut para peneliti, dansa tango melibatkan gerakan yang berirama dan enerjik sehingga menjadi musuh yang sempurna bagi kekakuan otot.

Pendapat tersebut diperkuat lagi oleh sebuah studi asal University of Limerick. Studi tersebut menemukan penyandang parkinson yang rutin melakukan jenis dansa asal Irlandia, Irish jig, menjadi lebih gesit dan seimbang.

Irish jig dikenal memiliki gerakan-gerakan yang sangat dinamis dan enerjik sehingga memberikan manfaat yang hampir sama dengan berdansa tango.

Pada dasarnya, yang dibutuhkan oleh penyandang parkinson adalah rutin melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Namun para peneliti menemukan, secara umum penyandang parkinson lebih tertarik untuk berdansa daripada berolahraga di gym.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com