Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/08/2013, 10:48 WIB
Rosmha Widiyani

Penulis


Kompas.com - Upaya pemerintah Amerika Serikat untuk melawan obesitas pada anak mulai menunjukkan hasil. Berdasarkan laporan dari Centers for Disease Control and Prevention, penurunan jumlah anak gemuk terjadi di 19 negara bagian.

Angka anak obesitas pada keluarga berpenghasilan rendah menunjukkan penurunan sekitar satu persen, namun secara statistik angkanya cukup signifikan.
 
Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah antara lain kampanye gaya hidup sehat yang diinisiatif oleh Ibu Negara Michele Obama, peningkatan nilai nutrisi dalam makanan sekolah, program suplementasi nutrisi untuk ibu hamil, balita, dan anak, serta insiatif rumah sakit sayang anak yang mendorong pemberian ASI eksklusif.

"Pemberian ASI akan mendukung anak memiliki berat badan sehat pada satu tahun pertama usianya," kata Heidi Michels Blanck, yang membuat laporan tentang keberhasilan program ini.

Pemerintah AS membuat pengukuran tinggi dan berat badan 11,6 juta anak usia 2-4 tahun untuk berpartisipasi dalam program nutrisi. Anak-anak yang memimiliki indeks massa tubuh lebih dari 95 persentil sesuai usia dan jenis kelaminnya dikategorikan obesitas.

Saat ini 1 dari 8 anak usia pra sekolah di Amerika mengalami. Obesitas merupakan mikmpi buruk bagi anak. Kelebihan berat badan merupakan kunci masalah lain seperti tingginya kolesterol, kadar gula darah, asma, hingga gangguan mental.

Anak yang obesitas punya kecenderungan tumbuh menjadi remaja yang gemuk, dan lima kali lebih tinggi risionya menjadi orang dewasa yang obesitas.

Para ahli mengatakan, cara terbaik melawan obesitas pada anak adalah melakukan tindakan pencegahan.

Di salah satu negara bagian Michigan, program pencegahan dilakukan melalui pusat penitipan anak. Dalam program yang dibentuk khusus, anak-anak tersebut dilatih untuk lebih banyak bergerak aktif, mengurangi asupan garam dan camilan manis, serta mengonsumsi makanan bernutrisi.

Tempat penitipan anak menjadi penting pada wilayah yang sebagian besar penduduknya berpenghasilan rendah. Di tempat ini anak-anak lebih gampang memperoleh akses makanan sehat, dan tempat beraktifitas fisik di luar jam sekolah seperti gym, playground, serta lapangan olahraga.

CDC juga menyarankan dokter rutin mengukur indeks massa tubuh anak, dan mengadakan konsultasi dengan orangtua tentang nutrisi dan aktifitas fisik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com