Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/08/2013, 11:48 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com — Kita mungkin melakukan banyak usaha untuk mencegah naiknya berat badan, seperti sarapan sehat dan olahraga. Namun itu saja tidak cukup selagi kita masih melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk di sore hari yang tanpa sadar justru menambah tumpukan lemak di sana sini.

Untuk mencegah terjebak pada kesalahan menimbun lemak di sore hari, ada baiknya Anda mengintrospeksi kebiasaan-kebiasaan yang Anda lakukan. Inilah lima kesalahan di sore hari yang perlu Anda hindari.

1. Makan berat
Makan di antara jam makan siang dan makan malam memang merupakan cara yang baik untuk mencegah lapar dan makan berlebihan pada malam hari. Namun perlu diingat, makan yang dimaksud adalah camilan sehat, bukan makan berat yang mengandung banyak kalori.

Sebaiknya pilihlah camilan yang banyak mengandung air seperti buah atau sayur sehingga lebih cepat memberikan rasa kenyang. Kacang-kacangan seperti almond atau kacang kulit rebus juga bisa dijadikan pilihan.

2. Melewatkan jadwal berolahraga
Meskipun lelah sehabis bekerja atau masih sibuk dengan pekerjaan, olahraga juga tidak boleh ditinggalkan. Olahraga membantu mempercepat pembakaran kalori sehingga mencegah bertambahnya tumpukan lemak tubuh. Jika tidak sempat untuk berolahraga pada sore hari, maka gantilah jadwal pada pagi hari atau malam hari.

3. Nongkrong di kedai kopi
Santai di kedai kopi sambil mengobrol bersama teman-teman memang musuh utama jika ingin mengurangi berat badan. Meski kopi baik untuk kesehatan, umumnya godaan menambahkan krim dan gula pada kopi sulit dihindari. Padahal kedua bahan tadi mengandung banyak kalori yang "mengurangi" sehatnya kopi. Jika Anda butuh minum kopi, maka pilihlah kopi hitam tanpa tambahan gula ataupun krim. Alternatif lain yaitu menggunakan kopi rendah kalori.

4. Makan camilan tinggi kalori di kantor
Berada di kantor hingga sore, tak jarang orang merasa ingin makan sesuatu. Hal ini tak salah karena pada saat itu makanan saat makan siang sudah hampir selesai dicerna dan perut mulai lapar.

Sayangnya, pilihan camilan di kantor tak selamanya sehat, apalagi kalau kantor Anda sering mengadakan selebrasi dengan menyediakan makanan seperti pizza atau cake penuh krim. Agar tidak mengganggu program Anda, maka pastikan porsi yang Anda makan kecil dan cukup untuk sekadar memuaskan keinginan makan.

5. Selalu pergi ke dapur kantor
Jika kantor berbaik hati selalu menyediakan makanan di dapurnya, bisa jadi bukan rasa senang yang didapat, melainkan rasa sesal. Terlerbih lagi, makanan yang disediakan adalah makanan tinggi kalori. Namun, jangan salahkan kantor. Sebaliknya, Andalah yang perlu mengontrol diri untuk tidak tergoda dengan makanan-makanan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com