Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/08/2013, 12:14 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber LiveStrong

Kompas.com — Berkaitan dengan aktivitas seksual, masyarakat percaya ada beberapa makanan yang dipercaya memiliki khasiat khusus untuk mengatasi keloyoan organ vital pria. Salah satunya adalah ginseng.

Ginseng merupakan tanaman akar yang sudah dipakai ribuan tahun dalam praktik pengobatan China. Herbal ini direkomendasikan untuk meningkatkan daya tahan, meningkatkan daya ingat, bahkan memperpanjang umur.

Ada beberapa jenis ginseng yang terkenal, antara lain American ginseng (Panax quinquefolius), Korea ginseng, Panax ginseng, dan Siberian ginseng. Namun, Siberian ginseng tidak memiliki senyawa yang sangat penting, gensenodes.

Ginseng yang terkenal akan khasiatnya dalam hal kemampuan ereksi pria adalah ginseng yang berasal dari Korea yang disebut ginseng merah. Bahkan ginseng ini disebut-sebut mampu meningkatkan gairah seksual, jumlah sperma, serta pergerakan sperma.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2003 disebutkan, suplementasi ginseng merah ternyata aman dan efektif untuk meningkatkan kemampuan ereksi pria, bahkan pada kasus impotensi yang cukup parah dan tidak bisa diatasi oleh obat impotensi seperti Viagra.

Meski begitu, ginseng Korea ini memiliki efek samping berupa gangguan tidur, terutama jika diminum dengan kopi, serta bisa membuat seseorang lebih mudah marah.

Pada kasus yang jarang, konsumsi ginseng juga akan meningkatkan tekanan darah, gangguan pencernaan seperti diare dan muntah, serta meningkatkan risiko perdarahan. Karena itu dokter melarang konsumsi suplemen ginseng pada pasien hipertensi, dan seminggu sebelum operasi.

Pasien yang mengonsumsi obat-obatan medis seperti obat hipertensi, penyakit jantung, diabetes, pereda nyeri, serta antidepresan, tidak disarankan mengonsumsi ginseng.

Para ahli juga tidak menyarankan konsumsi ginseng secara terus-menerus, tetapi dalam satu siklus. Misalnya, konsumsi ginseng setiap hari selama satu minggu, lalu hentikan untuk dua minggu, baru mulai konsumsi lagi. Untuk amannya, konsultasikan dulu kondisi kesehatan Anda sebelum mengonsumsi ginseng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com