Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/08/2013, 15:06 WIB
Rosmha Widiyani

Penulis


Kompas.com — Antioksidan memang naik daun sebagai zat ajaib yang mampu mencegah berbagai penyakit mematikan seperti jantung dan kanker. Meski banyak suplemen yang mengandung antioksidan, sebenarnya kita bisa mendapatkannya dari makanan sehari-hari.

Banyak makanan sehari-hari yang kaya akan vitamin dan komponen antikanker. Dikonsumsi sendiri atau sebagai pendamping, makanan dan minuman ini berefek positif bagi kesehatan bila dikonsumsi secara rutin dalam jumlah cukup.

1. Cokelat hitam

Biji cokelat kaya antioksidan, terutama cokelat hitam dibanding dengan cokelat lain. "Biji cokelat yang segar dari pohon sangat kaya flavonol," tulis laporan sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Cosmetic Dermatology pada 2009.

Kandungan flavanol sebagai antikanker dalam cokelat hampir sama dengan teh hijau. Namun, kandungan ini berkurang selama proses produksi cokelat dalam pabrik.

2. Buah berry

Buah berry yang berwarna gelap atau biru, misalnya bluberry atau blackberry, memiliki antioksidan yang tinggi. Kandungan ini mencegah penurunan kemampuan mental pada wanita yang mulai lanjut usia.

"Semakin banyak mengkonsumsi berry akan membantu memelihara ingatan saat bertambah tua," kata peneliti dari  Brigham dan Women's Hospital and Harvard Medical School, Elizabeth Devore.

3. Teh hijau

Teh hijau kaya polifenol yang merupakan salah satu bentuk antioksidan dan memberikan rasa pahit pada teh. Antioksidan pada teh kemungkinan lebih tinggi dibanding pada vitamin C.

Untuk menjaga kandungan antioksidan dalam teh hijau, sebaiknya teh diminum secara tradisional, yakni diseduh tanpa tambahan gula. Konsumsi teh hijau secara rutin diketahui bisa mencegah berbagai jenis kanker.

4. Ikan

Salmon, tuna, dan sardin kaya akan asam lemak omega 3 yang mencegah timbulnya penyakit jantung dan melawan inflamasi. Menurut American Heart Association (AHA), protein dalam ikan lebih baik dibandingkan dengan daging karena tidak mengandung lemak jenuh.

Omega 3 dalam ikan juga mencegah aritmia, yaitu ketidakteraturan irama jantung yang berisiko buruk bagi kesehatan. Para ahli merekomendasikan konsumsi ikan dua kali dalam seminggu.

5. Buah anggur dan red wine

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com