Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/08/2013, 11:32 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber Healthland

Kompas.com — Meski sebenarnya terung masuk dalam golongan buah, tetapi orang Indonesia menggolongkan terung ke dalam bahan sayuran. Warna ungunya yang khas dan mudah diolah membuat terung banyak digemari. Selain rasanya yang enak, terung ternyata kaya nutrisi.

Terung mentah mengandung kalori sangat sedikit, demikian juga dengan kandungan lemak jenuh dan sodiumnya. Terung bisa menjadi alternatif sumber serat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Selain itu terung juga mengandung vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, folat, potasium, dan mangan. Nutrisi penting lain dalam terung adalah antioksidan seperti nasunin yang diketahui akan melindungi membran sel di otak.

Saat mengolah terung, sebaiknya jangan kupas kulitnya karena akan menambah kandungan serat sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama.

Jika selama ini terung lebih banyak diolah menjadi sayur santan, tumis atau balado, sesekali Anda bisa memanggang terung atau menjadikannya topping pizza. Sebaiknya jangan menggoreng terung karena bisa mengurangi kadar nutrisinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com