Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/08/2013, 11:32 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber FOXNews

KOMPAS.com — Rutin mengonsumsi buah merupakan cara untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan serat dan vitamin, serta menjauhkan penyakit dari tubuh. Bahkan, sebuah studi baru menemukan, diet buah-buahan dapat membantu mengurangi risiko seseorang mengalami penyakit aneurisma aorta perut.

Aneurisma aorta perut merupakan pelebaran daerah bawah aorta, pembuluh darah arteri yang berukuran besar dan terletak di sekitar perut. Jika tidak dirawat dan diobati secara benar, aorta pecah dan  mengakibatkan pendarahan yang berujung pada kematian.

Dalam studi baru yang dipublikasi dalam jurnal Circulation tersebut, para peneliti menganalisis lebih dari 80.000 orang yang berusia antara 46 dan 84 tahun asal Swedia. Para peserta kemudian diikuti dalam jangka waktu 13 tahun.

Dalam periode tersebut, ditemukan 1.100 peserta yang mengalami aneurisma aorta perut. Dan 222 di antaranya mengalami pecah aorta.

Setelah menganalisis kebiasaan makan peserta, para peneliti menemukan orang yang mengonsumsi dua sajian buah per hari memiliki risiko lebih kecil mengembangkan penyakit tersebut. Mereka menentukan risiko mereka yang makan buah 25 persen lebih kecil untuk mengalami aneurisma aorta perut, dan 43 persen lebih kecil untuk mengalami pecah aorta.

Para peneliti mengatakan, kandungan antioksidan yang ditemukan dalam buah dapat membantu melawan inflamasi. Itulah salah satu faktor penting untuk melindungi seseorang dari aneurisma aorta perut.

"Konsumsi buah secara rutin dapat membantu melawan banyak penyakit pembuluh darah, salah satu yang ditunjukkan oleh studi ini adalah untuk penyakit aneurisma aorta perut," ujar ketua studi Dr Otto Stackelberg, mahasiswa epidemiologi nutrisi dari Institute of Environmental Medicine di Karolinska Institute, Stockholm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com