Rabu, 29 Juli 2015

Health

CT-Scan Motif Kartun Bikin Anak Lebih Nyaman

Selasa, 27 Agustus 2013 | 11:27 WIB
BuzzFeed Ruang CT Scan bernuasa kartun


KOMPAS.com -
Dunia anak adalah bermain. Anak biasanya selalu senang bermain di mana saja, sekalipun saat berkunjung ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan. Namun kesan kaku dan menyeramkan di rumah sakit atau kamar periksa kerap membuat anak-anak ketakutan. Tak jarang mereka pun menangis ketika melihat sosok dokter dan peralatan medis. 

Namun berkat kreativitas, proses pemeriksaan kesehatan di rumah sakit kini dapat lebih nyaman dan menyenangkan khususnya bagi pasien anak. Penambahan dekorasi bermotif tertentu seperti tokoh kartun yang lucu pada ruang diagnostik canggih seperti CT-Scan misalnya, terbukti membuat anak-anak lebih rileks.

Hal ini pula yang diterapkan oleh sebuah rumah sakit di New York Amerika Serikat. Ruang CT Scan di bagian radiologi anak rumah sakit ini "disulap" menjadi kamar bertema bajak laut yang disukai anak-anak.

Nuansa kartun ternyata mambntu mempermudah proses diagnosa untuk anak-anak. Sebagai informasi, anak yang diwajibkan melakukan CT-Scan biasanya mengalami kondisi serius seperti cedera, patah tulang atau kanker.

BuzzFeed Motif kartun pada ruang CT Scan membantu anak lebih rileks


Meski pemeriksaan CT Scan hanya berlangsung beberapa menit, tetapi proses persiapan menggunakan alat ini bisa berlangsung antara 10-15 menit sehingga dapat menimbulkan stres terutama pasien anak.

Menurut Kepala Bagian Radiologi Anak Presbyterian Morgan Stanley Children's Hospital, dr. Carrie Ruzal-Shapiro, penambahan nuasa kartun pada alat serta ruangan pemeriksaan akan membantu anak mengatasi stres. "Itu membuat anak dapat berimajinasi banyak hal, sehingga tes kesehatan tidak lagi menakutkan," kata Carrie.

BuzzFeed Nuansa kartun dapat mengalihkan perhatian pasien anak saat penyuntikan kontras dan proses pemindaian


Sebelum pemeriksaan, perawat akan mendudukkan anak dan menyuntikkan cairan kontras ke dalam pembuluh (intravenous/IV).  Dekorasi ruangan dapat mengalihkan perhatian dan kegelisahan anak saat penyuntikan dan selama proses pemindaian.

Bagian radiologi rumah sakit ini dalam sehari dapat melayani 5-10 pasien setiap harinya. Pasien yang melakukan scan berasal dari berbagai usia, mulai dari bayi sampai usia 21 tahun. Dekorasi di ruang dan alat CT-Scan ternyata juga disukai remaja.

Penulis: Rosmha Widiyani
Editor : Asep Candra
Sumber: Dailymail