Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2013, 15:38 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber FOXNews

KOMPAS.com — Adalah sikap yang bijaksana untuk selalu menyediakan kotak pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) di rumah. Namun, beberapa obat pertolongan pertama saat terluka ternyata bisa kita temukan dari rak bumbu di dapur.

Untuk kasus luka ringan, Anda bisa menggunakan bahan-bahan bumbu berikut:

1. Bawang merah
Bawang merah bisa dipakai sebagai bahan olesan saat terjadi luka bakar. Segera potong bawang merah dan aplikasikan di bagian kulit yang terbakar guna mengurangi rasa sakit. Bawang merah juga bisa dioleskan pada kulit yang tersengat lebah.

2. Teh hijau
Khasiat kesehatan teh hijau memang sangat panjang, mulai dari membantu pembakaran lemak sampai meningkatkan daya tahan tubuh. Tetapi, tahukah Anda bahwa teh hijau juga bisa mengurangi bengkak pada mata? Kandungan kafein dalam teh hijau mampu mengurangi bengkak dan menyempitkan pembuluh darah.

3. Madu
Rasa manis madu memang sebanding dengan khasiatnya. Selain meredakan gejala batuk pada anak, madu juga bisa mengobati rasa pusing akibat minum alkohol. Madu diketahui membantu tubuh memetabolisme alkohol dengan lebih cepat. Kandungan potasium dalam madu juga akan menggantikan mineral yang hilang akibat konsumsi alkohol malam sebelumnya.

4. Garam
Garam merupakan bahan yang mengandung antiinflamasi terbaik. Gunakan garam untuk mengurangi gejala radang tenggorokan. Larutkan garam dalam air hangat dan gunakan untuk berkumur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com