Senin, 3 Agustus 2015

Health

KONSULTASI SEKS Prof Dr dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS
Guru Besar pada Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Kini dia menjabat sebagai Kepala Bagian Andrologi dan Seksologi, Ketua Pusat Studi Anti-Aging Medicine, dan Ketua Program Magister dengan kekhususan Anti-Aging Medicine dan kekhususan Ilmu Kedokteran Reproduksi. Prof Wimpie juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI), Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Andrologi Indonesia (Persandi), dan Wakil Ketua Perhimpunan Kedokteran Anti Penuaan Indonesia (Perkapi)

Tak Kunjung Hamil Setelah 4 Tahun Menikah

Senin, 2 September 2013 | 07:46 WIB
Shutterstock Ilustrasi

TANYA :

Prof, kami telah menikah sekitar empat tahun, tetapi kami belum dianugrahi keturunan. Sekitar 3 tahun lalu, istri saya pernah melakukan pemeriksaan USG. Hasilnya normal dan bersih. Kemarin saya juga sudah melakukan analisis sperma, hasilnya normazoospermia.  Tetapi sampai saat ini masih belum diberi keturunan. Pertanyaan saya: 1. Menurut Prof, apa permasalahan kami, sehingga belum juga diberi keturunan? 2. Jika kami ke dokter, apa yang harus kami lakukan? 3. Tahapan apa saya yang dapat kami lakukan? Terima kasih saya ucapkan atas jawabannya Prof...

(Gunawan, 29, Medan)

 

JAWAB :

Apapun hasil pemeriksaan Anda dan suami, tetapi kalau ternyata Istri belum hamil setelah menikah empat tahun, berarti ada masalah sebagai penyebabnya. Masalah itu mungkin hanya berupa kesalahan sederhana sampai ke gangguan yang sulit diatasi, baik pada diri Anda ataupun istri.

Kesalahan sederhana misalnya hubungan seksual tidak teratur sehingga tidak tepat pada saat subur istri. Gangguan kesuburan sebagai penyebab mungkin terjadi pada Anda atau pun pada istri. Kalau hasil analisis sperma Anda benar, berarti kesuburan Anda normal.

Masalahnya, apa memang benar hasil pemeriksaan tersebut? Pemeriksaan sperma tidak semudah seperti yang dipikirkan banyak orang, karena sesungguhnya membutuhkan ketelitian dan pengalaman. Di pihak istri, yang perlu diketahui ialah adakah sel telurnya dan apakah saluran telur serta rahimnya normal atau tidak. Kalau ini belum diketahui berarti masih ada yang perlu diperiksa pada istri Anda.

Untuk analisis sperma, saya sarankan ulang periksa di laboratorium yang terpercaya. Selain itu Anda sendiri perlu mendapat pemeriksaan secara fiisik untuk mengetahui kemungkinan adanya gangguan yang berhubungan dengan kesuburan.
 
 

Editor : Asep Candra

FORM KONSULTASI

Tahun
Cm
Kg
Incorrect please try again
ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat