Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/09/2013, 20:56 WIB
Rosmha Widiyani

Penulis


KOMPAS.com —
Usia anak-anak dan remaja sebaiknya tidak dibiarkan mengemudikan kendaraan bermotor. Setidaknya, ada empat faktor yang menyebabkan mereka tidak diperbolehkan memacu kendaraan bermotor di jalan raya.

Faktor fisik, kognitif, emosi, dan sosial anak-anak dan remaja yang masih dalam tahap perkembangan menyebabkan mereka belum memungkinkan untuk mengemudi dengan aman dan nyaman di jalan raya.

Pendapat ini diutarakan psikolog anak dan perkembangan Anna Surti Ariani, Psi, menanggapi kasus kecelakaan yang menimpa AQJ alias Dul (13), anak musisi Ahmad Dhani.

Seperti diwartakan, Dul mengemudikan mobil Mitsubishi Lancer B 80 SAL ketika kecelakaan maut itu terjadi di Km 8+200 Tol Jagorawi. Menurut keterangan polisi, Dul juga belum memiliki surat izin mengemudi (SIM).

Nina menjelaskan, empat faktor tersebut sangat memengaruhi kemampuan mereka dalam mengendalikan kendaraan. 

"Sebetulnya saya kurang setuju. Anak dan remaja masih dalam tahap perkembangan. Bila dibiarkan mengendarai kendaraan bermotor, itu akan membahayakan diri dan orang di sekitarnya," ungkap psikolog yang akrab disapa Nina ini saat dihubungi Kompas.com, Minggu (8/9/2013).

Berikut pemaparan Nina terkait faktor-faktor tersebut.

1. Fisik

"Sebagian kendaraan bermotor didesain untuk dewasa. Akibatnya, ukuran fisik remaja tidak sesuai. Kalaupun sesuai, jadinya memaksakan," kata Nina. Pemaksaan ini menyebabkan tubuh lekas pegal dan hilang konsentrasi ketika berkendara.

Nina menyarankan anak dan remaja lebih banyak melakukan kegiatan fisik dan motorik daripada berkendara. Kegiatan fisik, kata Nina, membantu remaja mengeluarkan energi dan tumbuh lebih sehat.

2. Kognitif

Menurut Nina, seusai dengan perkembangannya, remaja memiliki kemampuan terbatas untuk melihat, menganalisis, dan menyimpulkan kondisi lalu lintas. Keterbatasan ini menyebabkan anak tidak bisa berstrategi saat berlalu lintas.

Kondisi ini dapat dilihat dari kecenderungan anak dan remaja yang asal menyalip saat berkendara di jalan raya. "Dari cara nyelipnya bisa dilihat, anak dan remaja tidak banyak berpikir saat berkendara. Hal ini tentu berbahaya bagi dia dan pengendara lainnya," kata Nina.

3. Emosi

Perkembangan emosi yang semakin baik pada anak dan remaja belum diimbangi dengan kemampuan kognitif. Akibatnya, anak dan remaja cenderung bertindak berdasarkan emosional. Kelabilan ini juga dipengaruhi hormon, yang menyebabkan anak dan remaja cenderung meledak-ledak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com