Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/09/2013, 13:44 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber Boldsky


KOMPAS.com - Menopause merupakan kondisi berakhirnya siklus menstruasi. Pada masa ini, umumnya wanita mengalami perubahan-perubahan kondisi fisik karena penurunan kadar hormon estrogen.

Salah satu perubahan kondisi fisik yang banyak dialami oleh wanita menopause adalah bertambahnya berat badan. Rata-rata wanita mengalami kenaikan berat badan sekitar 1,8 - 2,3 kilogram selama menopause. Bahkan sebagian wanita mengalami kenaikan 4,5 - 6,8 kilogram. Inilah yang akhirnya membuat wanita khawatir saat memasuki kondisi ini.

Untuk mencegah kenaikan berat badan selama menopause, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut di antaranya :

1. Tetap aktif bergerak

Memasuki menopause, wanita rentan terserang rasa malas-malasan dan lelah. Padahal jika dituruti, sikap ini akan memicu kenaikan berat badan. Maka hentikan rasa ini dengan melakukan kegiatan yang membuat tubuh tetap aktif. Misalnya dengan berenang atau berjalan setiap hari.

2. Olahraga lebih banyak

Jika terbiasa berolahraga sepanjang 30 menit, mungkin wanita menopause perlu menambah durasi olahraganya menjadi 45-50 menit setiap hari.

3. Fokus pada pinggang dan perut

Wanita menopause cenderung bertambah gemuk di bagian pinggang dan perut. Karena itu, memfokuskan latihan pada kedua bagian itu mungkin bisa jadi solusi pencegahan kegemukan saat menopause.

4. Makan makanan kaya vitamin B

Untuk mencegah bertambahnya berat badan selama menopause, wanita perlu konsumsi makanan kaya vitamin  B seperti pisang, sereal, lentil, ubi, hingga kentang. Vitamin B juga berfungsi untuk mengurangi gejala menopause seperti kram, perubahan mood, dan kelelahan.

5. Hindari goreng-gorengan

Gorengan mengandung banyak kalori dan kolesterol yang tidak diinginkan. Maka menghindari makanan ini tentu baik untuk mencegah kenaikan berat badan.

6. Perbanyak makan sayuran

Sayuran kaya akan vitamin, nutrisi, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh wanita. Sayuran bisa dikonsumsi dengan cara memakannya mentah, direbus, ditumis, hingga dikukus.

7. Jauhkan kedelai

Sejumlah pakar mengatakan, kedelai dibutuhkan saat memasuki kondisi menopause, namun sebagian lagi berpendapat, kedelai dapat menurunkan fungsi tiroid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com