Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/09/2013, 10:04 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -Perkumpulan  Alzheimer Indonesia (AI) mengadakan konser bertajuk "Journey of Caring", Sabtu (21/9/2013), di Jakarta. Konser tersebut melibatkan sejumlah musisi dan penyanyi Indonesia seperti Andi Rianto, Harvey Malaiholo, Farman Purnama, Aning Katamsi, Zahra, dan Paduan Suara AAzI Bandung.

"Konser ini bertujuan untuk menggalang dana peduli Alzheimer dan demensia," ujar Direktur Eksekutif Alzheimer's Indonesia DY Suharya dalam sambutannya di awal konser.

Selain musisi dan penyanyi, konser tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Cahaya Purnama.

Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 400 penonton dan berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp 120 juta. Sebanyak 50 persen dari dana tersebut akan digunakan untuk mengembangkan kapasitas para caregiver (perawat) penderita Alzheimer, 30 persen untuk aktivitas advokasi dan kepedulian Alzheimer, dan 20 persen untuk riset dan program-program untuk penderita di tahap awal.

Seperti diketahui, biaya perawatan Alzheimer dan demensia sangat besar, diperkirakan hingga 4 miliar dollar AS hanya untuk perawatan Alzheimer dan demensia di Asia Tenggara. Sementara itu, menurut laporan Alzheimer's Disease International, 58 persen penderita Alzheimer berasal dari negara berpendapatan menengah ke bawah, termasuk Indonesia.

"Jadi konser yang merupakan bagian dari Hari Alzheimer Sedunia ini bertujuan untuk menggalang dana dan mendorong pemerintah untuk melakukan usaha yang lebih untuk penyakit ini," terang DY.

Dampak penyakit Alzheimer, kata DY, bukan hanya dirasakan oleh penderitanya saja, melainkan orang-orang terdekatnya juga. Maka dari itu, perhatian terhadap penyakit Alzheimer perlu ditingkatkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com