Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/09/2013, 12:55 WIB
Rosmha Widiyani

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com —
Perilaku bullying atau penindasan terhadap orang lain kerap dialami oleh anak-anak. Perlakuan ini dapat mereka alami di lingkungan sekolah ataupun di rumah. Sayangnya, anak kerap segan membicarakannya.

Padahal menurut riset University of Warwick dan Duke University Medical Centre, Amerika Serikat, anak yang terkena bullying 6 kali lebih berisiko terkena penyakit serius saat dewasa. Mereka juga lebih cenderung merokok dan menderita gangguan kejiwaan.

Oleh sebab itulah, penting artinya bagi para orangtua mengenali sejak dini gejala atau tanda-tanda anak yang terkena bullying. Pencegahan dan penanganan sejak dini akan menyelamatkan mereka dari ancaman gangguan jiwa di masa dewasanya.

Untuk mengenali tanda anak korban bullying, hasil penelitian yang satu ini dapat dijadikan rujukan. Riset para ahli dari University of Padua, Italia, menunjukkan, anak yang terkena bullying memiliki gejala psikosomatis yang khas. Gejala ini meliputi sakit perut, pusing, sulit bernapas, demam, dan sakit punggung.

Kesimpulan ini didapat setelah mempelajari 30 riset yang mencakup 220 ribu anak dari 14 negara. Hasil riset ini menjadi kabar baik bagi orangtua dan guru, yang kerap tidak tahu anaknya tengah di-bully.

"Hasil penelitian ini menganggap gejala fisik yang akhir-akhir ini dialami dan tidak bisa dijelaskan, bisa menjadi tanda bahaya bullying," kata  Gianluca Gini peneliti dari University of Padua.

Selain dari fisik, tanda anak yang sedang mengalami bullying juga bisa dilihat dari tingkah lakunya. Peneliti Marlene Snyder dari Clemson University, South Carolina, mengatakan, gejala fisik yang dirasakan korban bullying segera hilang saat dikatakan anak tidak perlu pergi sekolah.

Synder mengatakan, tanda ini juga bisa dilihat dari tingkah laku anak lainnya, yaitu takut pada pesan SMS yang masuk, atau tersugesti lawan yang kerap mem-bully sedang duduk bersama saat makan siang.

Bila tanda fisik dan tingkah laku ini diketahui, sebaiknya orangtua segera berbicara dengan anak. Bila perlu, orangtua dapat menghubungi guru di sekolah untuk mengetahui, benarkah anak menjadi korban bullying.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com