Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/09/2013, 12:21 WIB

KOMPAS.com — Kejutkan otot Anda dan dapatkan perkembangan otot lebih maksimal. Seperti layaknya hidup yang penuh tantangan dan kejutan, otot kita juga memerlukan tantangan yang berbeda agar pertumbuhan massa otot yang kita harapkan bisa tercapai.

Erwin Santoso dari Dunia Fitnes memberikan tips berupa tantangan pada otot, dengan memodifikasi teknik Rest Pause Principle. Teknik yang bernama 7-4-7 ini memberikan tantangan yang luar biasa pada otot Anda sehingga Anda akan mendapatkan pumping otot dan perkembangan yang mantap.

Lakukan teknik ini saat melakukan latihan compound seperti squat, pull-up, bench press (latihan otot dada), atau saat melakukan isolation exercises seperti curl (latihan otot bicep) dan crunch (latihan otot perut).

Bagaimana cara melakukan teknik ini? Caranya adalah pada set pertama Anda ambil beban yang Anda akan gagal di repetisi ke-7, artinya Anda tidak sanggup melakukan repetisi ke-8 dengan gerakan yang sempurna.

Lalu letakkan dan rehat selama lima hitungan, kemudian ambil beban baru yang Anda akan gagal di repetisi ke-4 (otomatis beban ini lebih berat). Setelah itu letakkan beban dan rehat selama lima hitungan, lalu ambil beban yang pertama (boleh lebih ringan dari yang pertama) dan angkat lagi hingga repetisi ke-7.

Ini berlaku satu set dan boleh Anda ulangi di set kedua dan ketiga apabila Anda sanggup.

Lakukan teknik 7-4-7 ini dengan situasi ketika Anda mudah untuk mengubah beban karena waktu antara perpindahan beban maksimal lima detik saja. Manfaat latihan ini terutama untuk memberikan rangsangan terhadap pertumbuhan otot agar keluar dari rutinitas sehari-harinya (tidak monoton).

Namun, apabila Anda merasa latihan ini bagus dan memberikan pumping otot yang luar biasa, Anda tetap perlu melakukan latihan dasar seperti muscle group, dropset, atau superset yang biasanya Anda lakukan.

Intinya, biarkan otot Anda terus menebak dan "terkejut" untuk mendapatkan pertumbuhan optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com