Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/10/2013, 12:48 WIB
Tanya:
Apakah bawang putih dan jahe juga bisa melangsingkan tubuh? Bagaimana olahan bawang putih dan jahe yang membantu proses tersebut? (Julieta soares de Araujo, 25)

Jawab:
Dear Julieta.

Jahe dikenal sebagai bumbu dapur dan herbal yang telah digunakan bertahun-tahun silam terutama di Asia. Adapun bahan aktif yang terdapat dalam jahe adalah minyak volatile dan senyawa fenol seperti gingerol dan shogaol. Zat aktif ini memberikan efek perbaikan rasa mual, muntah (yang sering menyertai wanita hamil, mabuk kendaraan maupun yang sedang menjalani kemoterapi), osteoarthritis (radang sendi), membantu menurunkan kadar kolesterol dan kekentalan darah. Namun penggunaan jahe sebagai bahan yang dapat melangsingkan tubuh sampai saat ini belum ada penelitian ilmiahnya.

Bawang putih mengandung lebih dari 200 senyawa kimia antara lain minyak volatile, senyawa sulfur (allicin, allin), enzyme, citral, geraniol, saponin, dll. Senyawa ini bekerja bersama untuk memberikan efek menguntungkan bagi kesehatan seperti : meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan kadar lemak darah, mencegah pengentalan darah, aktivitas antioksidan, melindungi sel hati, saraf, dll. Namun sama seperti jahe, penelitian media yang membuktikan bahwa bawang putih dapat melangsingkan tubuh memang belum ada.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com