Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/10/2013, 21:03 WIB
Rosmha Widiyani

Penulis

Sumber FOXNews


KOMPAS.com - Udara yang bersih, segar dan bebas polutan di lingkungan tempat tinggal sangat penting artinya bagi kesehatan. Untuk mendapatkan kualitas udara yang baik, para ahli menyarankan untuk memanfaatkan tanaman dan pepohonan.

Sedikitnya ada 10 jenis tanaman yang direkomendasikan untuk membersihkan udara di lingkungan sekitar rumah. Penggunaan tanaman ini memungkinkan udara di dalam rumah menjadi lebih bersih dan sehat untuk seluruh anggota keluarga.

Tanaman yang biasa ditempatkan di dalam ruangan (indoor) ini cukup mudah ditemukan.  Mereka memiliki beberapa komponen seperti daun, akar, dan bakteri yang ada di dalam tanah tempat tumbuh untuk membersihkan udara dalam ruangan yang mengandung racun.

Racun yang dapat dibersihkan termasuk benzena dan formadehyda. Benzena ditemukan dalam asap rokok, sedangkan formaldehyda adalazat yang dapay menyebabkan  iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan.

Berikut ini 10 tanaman yang direkomendasikan ditanam di lingkungan rumah

1. Bunga Peace Lily (Lili Damai)
2. Dracaena
3. Janet Craig Dracaena
4. Bamboo palm (Rumpun bambu)
5. English Ivy
6. Aglaonema (Chinese Evergreen)
7. Bunga Daisy (Gerbera Daisy)
8. Corn Plant (Dracaena Fragans)
9. Lidah Mertua (Mother-in-Law's Tongues)
10. Bunga Krisan (Pot Mum)

Penggunaan tanaman ini akan lebih ekonomis daripada membeli alat pemurni udara dan filter yang berfungsi menyaring alergen. Apalagi saat ini kadar polusi udara di dalam rumah bisa lebih buruk dibanding di luar. Kondisi ini dikarenakan penggunaan zat kimia pembersih, sistem pemanas dan pendingin, serta sumber lain di dalam rumah.

Peneliti merekomendasikan untuk menempatkan antara 10-15  tanaman di lingkungan rumah.  Setiap satu tanaman dapat membersihkan satu ruangan dengan luas sekitar 9 meter persegi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com